Sukses

Perkembangan Gigi & Mulut Anak

Dalam masa ini tentu saja orangtua harus memberikan perhatian guna mendukung proses tumbuh kembang anak dapat optimal. Gigi dan mulut adalah bagian dari kesatuan gigi dan wajah (dentofasial) yang pertumbuhannya melalui beberapa fase dan berkaitan erat dengan pola makan anak

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Masa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah masa dimana tubuh anak membutuhkan tidak hanya nutrisi yang baik tetapi juga perawatan dan pemeliharan yang tepat. Dalam masa ini tentu saja orangtua harus memberikan perhatian guna mendukung proses tumbuh kembang anak dapat optimal. Gigi dan mulut adalah bagian dari kesatuan gigi dan wajah (dentofasial) yang pertumbuhannya melalui beberapa fase dan berkaitan erat dengan pola makan anak.

  • Usia 0-6 bulan
    Pada bayi baru lahir makanannya berbentuk cair yaitu ASI. Perlu diperhatikan selama proses pemberian ASI; hindarilah aktivitas menyusui hingga bayi tertidur. Paparan ASI di dalam mulut bayi yang tertidur berpotensi menimbulkan karies dan gangguan gigi lainnya.

    Reflek menghisap pada bayi baru lahir adalah suatu upaya untuk mendapatkan makanan bagi bayi berupa  ASI,  aktivitas menghisap ASI memerlukan energi yang jauh lebih besar dibandingkan dengan minum susu dalam botol dot, yaitu 60 kali lebih besar, dimana kekuatan ini berpengaruh pada pertumbuhan rahang bawah.

  • Usia 6-12 bulan (1 tahun)
    Pada bayi berusia diatas 6 bulan, maka sudah bisa diperkenalkan oleh makanan padat yang lembut. Untuk diperhatikan, karena pada usia ini bayi umumnya sedang mengalami tumbuh gigi dan membutuhkan stimulasi dan rangsangan menggigit. Sediakan buah yang telah dipotong memanjang yang bisa dipegang bayi (finger foods) sekaligus dapat merangsang perkembangan motorik anak.

  • Usia diatas 1 tahun
    Bentuk, jumlah dan kualitas makanan yang diperlukan anak akan berubah seiring dengan pertambahan usia. Pada saat bayi sudah perlu diberikan makanan tambahan selain ASI maka bentuknya akan berubah lagi menjadi kental dan ketika gigi sudah mulai lengkap pada usia sekitar 2-2,5 tahun, maka balita mulai makan makanan yang padat dengan jumlah yang lebih banyak serta kandungan nutrisi yang lebih variatif pula.

    Aktivitas mengunyah dengan gigi susu memberikan aksi yang membantu perkembangan dan pertumbuhan disekitar daerah pengunyahan tersebut. Selain berfungsi untuk pengunyahan dan asimilasi makanan secara mekanik, gigi susu mempunyai beberapa fungsi lainnya yang berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan  yaitu mempertahankan ruangan untuk tumbuhnya gigi tetap sehingga pada saatnya nanti gigi tetap dapat tumbuh secara baik dan membantu perkembangan dalam berbicara dimana kehilangan gigi susu depan sebelum waktunya dapat menghambat anak dalam pengucapan huruf f,v,w,s dan z.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

 

Baca juga:

Gabung Milis KlikDokter dan miliki kesempatan untuk dapatkan pulsa @50rb untuk 4 subsriber terpilih di setiap minggunya disini

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar