Sukses

Ibu, Inilah 4 Penyebab Gigi Anak Rusak

Mengingat keterbatasan anak-anak dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi serta beberapa kebiasaan pada anak yang menjadi penyebab gigi berlubang maka banyak sekali anak-anak yang mengalami gigi berlubang. Tapi ada peran serta dari orangtua yang juga memperbesar risiko gigi berlubang, yaitu cara memberikan makanan yang salah, antara lain seperti...

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Berdasarkan suatu penelitian, dari tahun ke tahun terus terjadi peningkatan jumlah anak penderita gigi berlubang. Mengingat keterbatasan anak-anak dalam menjaga kebersihan rongga mulut dan gigi serta beberapa kebiasaan pada anak yang menjadi penyebab gigi berlubang maka banyak sekali anak-anak yang mengalami gigi berlubang. Tapi ada peran serta dari orangtua yang juga memperbesar risiko gigi berlubang, yaitu cara memberikan makanan yang salah, antara lain seperti:

Tidak lain jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu lama, maka konsekuensinya adalah anak dapat mengalami gigi berlubang (karies gigi).  Penyakit gigi berlubang atau karies pada anak terbagi dalam dua jenis yaitu karies botol dan karies rampan.  Kedua macam penyakit ini sangat berbahaya bagi anak-anak karena akibat yang ditimbulkan bukan hanya masalah dalam rongga mulut tetapi juga mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak. Rasa sakit pada gigi berlubang akan mengganggu  sehingga pola makan, pola tidur dan aktivitas anak tentu juga akan terganggu.

Kebersihan rongga mulut dan gigi pada anak-anak harus dapat dicapai, dengan menyikat gigi sesuai kaidah yang benar dan teratur sehingga bakteri penyebab gigi berlubang pun tidak dapat berkembang. Kebiasaan-kebiasaan yang destruktif juga harus segera dihilangkan  seperti makan makanan yang manis, minum minuman manis dalam botol dot sampai tertidur dan mengemut makanan.

Konsultasi dan kontrol ke dokter gigi sebaiknya dilakukan secara teratur  yaitu 6 bulan sekali, sejak gigi anak mulai tumbuh.  Apabila karies rampan atau karies botol sudah terjadi maka anak harus  dibawa kedokter gigi.  Kontrol dilakukan 3 bulan sekali karena mengingat karakteristik dari karies rampan yang terjadi secara cepat.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](AM)

 

Baca juga:


Gabung Milis KlikDokter dan miliki kesempatan untuk dapatkan pulsa @50rb untuk 4 subsriber terpilih di setiap minggunya disini

    0 Komentar

    Belum ada komentar