Kehamilan

Merencanakan Kehamilan

KlikDokter, 17 Des 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Nutrisi seimbang sangat penting di dalam kehamilan. Makanan yang Ibu makan adalah sumber nutrisi bagi janin di kandungan. Seiring dengan pertumbuhan janin

Merencanakan Kehamilan

KLIKDOKTER.com - Satu hal yang paling penting untuk mendukung keberhasilan kehamilan Ibu adalah persiapan asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh sang calon ibu. Karena dengan memberikan nutrisi yang tepat dan baik untuk tubuh sebelum kehamilan, maka akan memberi keuntungan kesehatan bukan hanya untuk Ibu, tapi juga untuk persiapan bayi yang sehat kelak.

Status kesehatan tubuh dari semenjak ibu belum memasuki masa kehamilan jelas akan mempengaruhi kondisi tubuh Ibu dan janin ketika selama kehamilan berlangsung. Untuk itu mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan adalah yang terbaik.

Tidak luput untuk diperhatikan juga aspek perkembangan berat badan Ibu, dimana diperlukan pemantauan yang konsisten dari masa persiapan kehamilan, hingga pasca persalinan Ibu. Karena penting diketahui, pemantauan berat badan penting adanya guna menghindari risiko obesitas yang menenggarai risiko kesehatan ibu hamil dan janin di masa kehamilan. Diantara risiko lanjutan dari kondisi obesitas pada masa kehamilan antara lain diabetes hingga kepada risiko kelahiran prematur.

Nutrisi pendukung mempersiapkan kehamilan:

Folic acid atau asam folat:

Merupakan zat vitamin yang dapat ditemukan pada sayuran berdaun hijau dan sereal. Dapat juga ditemukan pada buah-buahan seperti jeruk, anggur dan buahan sitrus lainnya. Alternatif lainnya adalah dengan mengkonsumsi vitamin tambahan melalui suplemen yang sebelumnya telah diresepkan dokter Anda.

Asam folat merupakan salah satu nutrisi terpenting penunjang persiapan kehamilan dan selama masa kehamilan. Karena dengan memenuhi kebutuhan asam folat untuk masa kehamilan, Ibu mencegah dari risiko cacat otak pada janin sekaligus menekan risiko rusak sumsum tulang belakang.

Cara makan yang sehat

Begitu Ibu mempersiapkan diri untuk hamil, sebisa mungkin untuk memulai pola makan yang lebih sehat  dengan cara melakukan diet makanan yang seimbang. Jangan salah persepsi. Diet disini bukanlah berorientasi membatasi ataupun mengurangi porsi pola makan yang normal. Diet disini bermaksud adalah membantu membentuk pola makan yang sehat. Secara jumlah kuantitas porsi tidak ada yang dikurangi, namun secara kualitas asupan yang biasa dikonsumsi diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk mempersiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum masa konsepsi (pembuahan terjadi) merupakan momen yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat. Masukkan dalam daftar makanan Ibu, makanan yang rendah lemak, kaya akan serat dan bervitamin juga mengandung asam folat. 

Ibu bisa mendapatkan makanan yang bervitamin, rendah lemak dan kaya akan serat serta mengandung asam folat dengan cara memilih buah-buahan. Seperti alpukat, pisang, jeruk ataupun lainnya. Atau akan lebih praktis jika Anda dapat menikmatinya dalam bentuk jus yang nikmat, tentunya dengan memperhatikan kadar gula yang digunakan dalam jus sebelumnya untuk menghindari risiko obesitas dan diabetes. Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein

Mengkonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran.

Kafein terdapat pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala. Sangat dianjurkan bagi Ibu untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk meminum obat-obatan selama masa kehamilan..

Gantilah pilhan menu Ibu kepada minuman dan makanan yang lebih bermanfaat kepada tubuh dan janin. Buah-buahan ataupun jus senantiasa dapat menjadi pilihan yang bijaksana. Karena selain lezat manisnya yang alami, dari buah, jus sekaligus dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan asam folat Ibu dan janin.

Stop alkohol, merokok dan obat-obatan yang berpengaruh buruk pada bayi.

Untuk zat yang satu ini, dalam kondisi apapun Ibu sama sekali tidak dianjurkan mengonsumsi alkohol, rokok dan obat-obatan adiktif seperti kokain/morfin. Jelas sekali, 90% zat  terdapat pada semua Apalagi dikondisi Ibu sedang mempersiapkan keadaan kesehatan tubuh yang prima menjelang kehamilan.

Makanan khusus untuk hamil ? 

  • ZincDianjurkan para calon Ibu untuk banyak mengkonsumsi zinc. Kekurangan zinc dapat mempengaruhi kesuburan baik wanita atau pria. Zinc bisa didapat dari kerang. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan menyarankan untuk memakan kerang karena pada kerang mengandung zinc. Namun jangan asal makan kerang sembarangan, konsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu. Karena beberapa kondisi, kerang juga pemicu meningkatnya kolesterol jahat (LDL).
  • Asam FolatAsam folat berguna untuk mencegah cacat otak dan menekan risiko munculnya cacat tabung saraf pada bayi. Cacat tabung saraf adalah salah satu cacat lahir yang paling banyak menyebabkan kematian bayi dan kecacatan serius. Pastikan Ibu senantiasa memenuhi kebutuhan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat banyak terdapat pada hati, telur, brokoli, kacang, jeruk, padi-padian, dan buncis. Apabila asupan asam folat tidak dapat dipenuhi dari diet makanan, umumnya dokter akan memberikan tambahan suplemen asam folat di masa kehamilan.
  • KalsiumKonsumsi kalsium penting untuk ibu hamil, terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Kalsium akan banyak Ibu dapatkan melalui susu, ikan, keju, produk susu lainnya, sayuran hijau, dan masih banyak lagi. Apabila kebutuhan kalsium Apabila memang masih belum dapat mencukupi kebutuhan perhari, barulah akan diberikan suplemen kalsium. Akan sangat baik apabila kebutuhan zat gizi ibu dapatkan melalui makanan alami.
  • Zat BesiPada masa kehamilan memang dapat terjadi anemia (kurang darah) karena jumlah cairan dalam tubuh Ibu memang meningkat dan juga jika mengalami mual-muntah hebat dan nafsu makan berkurang. Sehingga mengganggu asupan nutrisi termasuk bahan-bahan untuk membuat sel darah merah seperti zat besi, vitamin B12 dan asam folat. Anemia yang cukup parah dapat menyebabkan janin yang kecil dan juga lahir sebelum waktunya, untuk itu anemia Ibu memang perlu segera ditangani.

Namun demikian, diet pola makan sehat yang seimbang adalah yang terbaik untuk kesehatan Ibu secara keseluruhan dan kesuburan tubuh. Daripada hanya memakan satu atau dua macam makanan yang dianggap khusus untuk hamil, makanlah dan pilihlah menu secara seimbang dengan membuat variasi berbagai makanan sehat untuk kebutuhan nutrisi pendukung kehamilan Ibu.

Kini hadir PRENAGEN juice, special juice for mom, Sari buah asli Pomegranate & Anggur; sumber asam folat & tinggi vitamin C.

Minum PRENAGEN juice dimana saja, kapan saja selama masa persiapan kehamilan, hamil, dan menyusui.

Kehamilan

Konsultasi Dokter Terkait