Sukses

Bahaya Naik Motor Tanpa Masker

Penggunaan masker saat naik kendaraan bermotor kerap kali diabaikan. Padahal, ada berbagai bahaya kesehatan yang dapat mengintai.

Bagi Anda yang sering berkendara dengan motor, menggunakan helm sudah menjadi kewajiban demi keselamatan. Namun, bagaimana dengan menggunakan masker? Seberapa sering Anda menggunakan alat pelindung yang satu ini?

Tak sedikit pengguna kendaraan roda dua yang tidak menyadari bahwa pakai masker saat naik kendaraan bermotor juga sama pentingnya dengan penggunaan helm. Mungkin Anda termasuk salah satunya. 

Yuk, simak penjelasan lengkap seputar pentingnya pakai masker saat naik kendaraan bermotor. 

1 dari 3 halaman

Mengapa Harus Pakai Masker Ketika Berkendara?

Pakai masker saat naik kendaraan bermotor akan mencegah Anda dari gangguan kesehatan. Oleh sebab itu, Anda dianjurkan untuk menerapkan kebiasaan ini. Ingatlah, banyak polusi yang bertebaran di jalanan dan bisa terhirup.

Setiap kendaraan bermotor melepaskan partikel berbahaya yang merupakan sisa pembakaran dari kendaraan. 

Gas-gas beracun seperti monoksida (CO), karbondioksida (CO2), Nitrogen (N), bahkan logam berat seperti timbal terkandung di dalam asap kendaraan bermotor. Gas-gas tersebut berbahaya bila dihirup dalam jangka waktu yang lama.

Bahaya tidak memakai masker saat berkendara bisa saja tidak dirasakan secara langsung. Kendati demikian, Anda akan mengalami efek akibat asap kendaraan bermotor di kemudian hari. Umumnya gejala yang muncul seperti batuk ringan dan sesak napas.

Artikel Lainnya: Bahaya Polusi Udara bagi Kesehatan Kulit

Selain gejala-gejala di atas, masih banyak bahaya tidak memakai masker saat berkendara. Efek yang bisa muncul di kemudian hari, misalnya penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) dan kanker.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, hanya dengan pakai masker saat naik kendaraan bermotor Anda sudah mengurangi risiko-risiko penyakit tersebut. Sederhana, bukan?

Selain melindungi dari polusi udara, menggunakan masker ketika naik motor juga dapat melindungi Anda dari cuaca dingin. Masker akan menjaga hidung tetap nyaman selama berkendara.

Keuntungan menggunakan masker saat naik motor lainnya adalah melindungi dari paparan sinar matahari langsung. Jika kulit terpapar matahari secara terus-menerus, risiko gangguan kulit seperti flek hitam dan kulit kusam akan meningkat. Maka dari itu, Anda bisa mencegahnya dengan menggunakan masker.

Dengan pakai masker saat naik kendaraan bermotor, juga akan membantu Anda mendapatkan udara yang bersih untuk dihirup. Alhasil, pasokan oksigen dalam darah akan meningkat.

2 dari 3 halaman

Tips Memilih Masker untuk Berkendara

Mengetahui bahaya yang dapat timbul akibat tidak menggunakan masker saat berkendara, Anda sebaiknya mulai mengurangi kebiasaan ini.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memilih masker untuk berkendara. Berikut di antaranya:

1. Pilih yang Sekaligus Dapat Mencegah Infeksi

Di masa pandemi yang masih berlangsung penting untuk tetap menggunakan masker saat berkendara. Pasalnya, terkadang saat berhenti menunggu lampu merah, kerap kali Anda sulit untuk menjaga jarak.

Artikel Lainnya: Polusi Udara Picu Mata Merah, Bawa Ini Saat Keluar Rumah

Oleh karena itu, sebaiknya masker yang digunakan untuk berkendara adalah jenis masker yang sekaligus bisa mencegah penularan COVID-19.

Jadi, tak cuma menurunkan risiko polusi udara terhirup, Anda pun mencegah diri Anda terkena infeksi virus.

2. Gunakan Masker yang Nyaman

Pada dasarnya, baik saat pandemi maupun tidak, masker yang digunakan harus terbuat dari bahan yang breathable (memberikan kenyamanan saat Anda bernapas) dan benar-benar menutupi area mulut serta hidung.

3. Perhatikan Ukuran Masker

Masker yang digunakan untuk berkendara harus pas dengan ukuran muka Anda, sehingga tidak ada celah pada bagian pipi. 

4. Pilih yang Punya Kawat di Bagian Hidung

Hal lain yang harus diperhatikan saat pakai masker saat naik kendaraan bermotor adalah sebaiknya masker tersebut memiliki kawat di bagian hidung. Ini akan membantu memastikan agar tidak ada udara yang lolos di bagian atas hidung.

5. Hindari Masker dengan Katup

Anda harus menghindari pemakaian masker yang memiliki katup karena partikelnya bisa saja lolos.

Kini sudah banyak masker di pasaran yang hadir dengan berbagai macam jenis dan bahan. Pastikan masker yang Anda pilih sudah sesuai, ya.

Jika Anda sudah paham bahaya rokok yang mengancam, maka Anda juga harus sadar dan cerdas akan bahaya asap kendaraan bermotor. Karena pada dasarnya, asap kendaraan bermotor sama bahayanya dengan asap rokok.

Jadi, pakailah masker saat naik kendaraan bermotor untuk mencegah terhirupnya gas-gas beracun yang membahayakan tubuh.

Apabila memiliki pertanyaan seputar topik terkait, Anda bisa menggunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter untuk konsultasi langsung dengan dokter.

[WA]

1 Komentar