Sukses

Ketika Kaki Sulit Berhenti Bergerak

Pernahkah Anda merasa sulit menahan keinginan untuk menggerak-gerakkan kaki? Rasa tidak nyaman ini hanya muncul saat beristirahat, terutama pada malam hari, saat sedang tidur. Simak selengkapnya disini oleh dr. Puti Naindra Alevia

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Klikdokter.com - Pernahkah Anda merasa sulit menahan keinginan untuk menggerak-gerakkan kaki? Biasanya keadaan ini disebabkan atau didahului oleh adanya rasa tidak nyaman pada kaki, seperti ada sesuatu yang merangkak di bawah kulit. Rasa yang lain dapat berupa nyeri, gatal, dan kram pada tungkai. Rasa tidak nyaman ini hanya muncul saat beristirahat, terutama pada malam hari, saat sedang tidur.

Jika ya, Anda tidak sendiri. Satu dari 10 orang dewasa mengalami kondisi yang disebut Restless Leg Syndrome (RLS) ini. Sindrom ini dapat muncul pada usia berapa pun dan umumnya memberat seiring dengan bertambahnya usia.

Pada sebagian besar kasus RLS, tidak ada penyebab yang jelas. Beberapa ahli penyakit saraf mengatakan bahwa RLS berhubungan dengan dopamin yang bekerja mengontrol pergerakan otot. Penyakit-penyakit tertentu juga dapat menyebabkan RLS, seperti anemia defisiensi besi atau gagal ginjal. Sekitar satu dari lima ibu hamil akan mengalami gejala RLS pada triwulan ke-3 kehamilan yang akan hilang sendiri setelah melahirkan.

Bagaimana mengatasinya? Jika tidak ada penyebab yang jelas, maka penderita RLS perlu melakukan perubahan gaya hidup, seperti:

Ketika terjadi serangan RLS, lakukan hal-hal di bawah ini untuk mengurangi gejala:

  • Memijat tungkai
  • Mandi air hangat di malam hari
  • Kompres hangat atau dingin pada otot tungkai
  • Jangan menahan keinginan untuk menggerakkan tungkai, lakukan aktivitas yang mengalihkan pikiran seperti membaca atau menonton televisi
  • Latihan relaksasi seperti yoga atau tai chi
  • Banyak berjalan dan melakukan peregangan setiap pagi dan malam

Selain itu, buatlah catatan tidur dan berikan kepada dokter Anda untuk membantu identifikasi gangguan tidur yang ada. Dokter dapat memberikan beberapa obat untuk membantu mengatasi gejala seperti agonis dopamin, penghilang rasa sakit, obat tidur, dan lainnya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](PNA)

Baca juga:

 


    0 Komentar

    Belum ada komentar