Sukses

4 Alasan Tidak Melewatkan Sikat Gigi Malam Hari

Sayangilah diri Anda dengan tidak melewatkan sikat gigi malam hari, karena dengan cara demikian Anda telah melakukan salah satu usaha terbaik dalam menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Beberapa ahli menyatakan bahwa menyikat gigi sebelum tidur lebih penting dari pada menyikat gigi pada siang atau pagi hari. Namun bukan berarti sikat gigi pada pagi hari berhak Anda lewatkan...

Oleh: drg. Arni Maharani

KLIKDOKTER.com - Sayangilah diri Anda dengan tidak melewatkan sikat gigi malam hari, karena dengan cara demikian Anda telah melakukan salah satu usaha terbaik dalam menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Beberapa ahli menyatakan bahwa menyikat gigi sebelum tidur lebih penting dari pada menyikat gigi pada siang atau pagi hari. Namun bukan berarti sikat gigi pada pagi hari berhak Anda lewatkan, tentu saja setelah sarapan pagi anda juga harus menyikat gigi agar kebersihan mulut dan gigi dapat optimal.

  1. Bakteri Perusak Gigi Lebih Aktif di Malam Hari
    Faktanya bakteri perusak gigi yang tidak pernah beristirahat akan semakin aktif dalam keadaan mulut yang kekurangan  air liur seperti pada saat tidur malam hari. Jadi ketika Anda melewatkan sikat gigi sebelum tidur maka Anda memberikan kesempatan pada bakteri  untuk berkembang dan merusak gigi sehingga gigi menjadi berlubang.

  2. Berkumur Tidak Cukup
    Kebiasaan yang ada di masyarakat adalah menyikat gigi pada waktu mandi sore, sehingga merasa sudah cukup dan tidak menyikat lagi pada malam hari dan kemudian dikompensasi hanya dengan berkumur. Tentu saja gigi tidak akan bersih hanya dengan berkumur, terutama pada bagian sela-sela gigi dimana penggunaan sikat gigi saja tidak cukup apalagi hanya dengan berkumur.

  3. Seringkali Anda Makan atau Nyemil Sebelum Tidur

    Ketika Anda sudah menyikat gigi pada jam malam menjelang tidur sebaiknya jangan makan lagi, karena akan percuma jika Anda makan lagi dan langsung tidur. Pastikan Anda tidur dalam keadaan gigi bersih.
  4. Mengurangi Bau Mulut di Pagi Hari
    Menyikat gigi sebelum tidur juga dapat mengurangi risiko bau mulut pada saat bangun pagi, karena dengan menyikat gigi, bakteri penyebab bau mulut di pagi hari tidak akan berkembang sebanyak di mulut yang tidak menyikat gigi di malam hari.

Dalam berbagai macam kondisi, karena mengantuk atau lelah membuat kita tidak sepenuhnya benar dalam menyikat gigi sebelum tidur. Selalu ingatlah 4 butir diatas dan mulailah sadar untuk menyikat gigi dengan baik dan benar.

Lakukan dengan sikat gigi yang berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride selama 2 menit, berkumur dengan obat kumur dan bersihkan antara selah gigi dengan bantuan sikat interdental atau benang gigi (dental floss).

Mengingat pentingnya sikat gigi sebelum tidur maka lakukan kebiasaan ini mulai hari ini. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Ask The Dentist di sini.[](ADV/AM)

    0 Komentar

    Belum ada komentar