Sukses

4 Tips Tubuh Oke dengan ASI Melimpah

Wanita selalu ingin tampil cantik, begitu juga wanita setelah melahirkan. Ketika Anda melihat diri anda di cermin, anda mungkin berpikir untuk segera melakukan diet. ?Tubuhku dulu langsing sekarang melar?, mungkin itu yang terngiang di pikiran Anda. Namun tentu Anda harus tetap berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda. Pola diet yang salah tak pelak dapat menyebabkan penurunan produksi ASI

Oleh: dr. Alvin Nursalim

KLIKDOKTER.com - Wanita selalu ingin tampil cantik, begitu juga wanita setelah melahirkan. Ketika Anda melihat diri anda di cermin, anda mungkin berpikir untuk segera melakukan diet. “Tubuhku dulu langsing sekarang melar”, mungkin itu yang terngiang di pikiran Anda. Namun tentu Anda harus tetap berkomitmen untuk memberikan ASI eksklusif pada bayi Anda. Pola diet yang salah tak pelak dapat menyebabkan penurunan produksi ASI.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada cara untuk membuat tubuh langsing namun ASI tetap melimpah. Kuncinya adalah pada jenis makanan yang Anda makan! Mari kita simak apa saja bahan makanan yang sehat, yang tidak hanya baik untuk tubuh wanita, namun juga baik untuk ASI si kecil.

  1. Karbohidrat kompleks
    Anda tentu sudah akrab dengan berbagai bentuk karbohidrat. Namun apa yang dimaksud dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat menjadi sumber energi yang baik dan mempertahankan kadar gula lebih stabil. Karena itu, jenis karbohidrat ini baik untuk anda yang ingin menjaga pola makan yang sehat. Contoh dari karbohidrat komplek adalah nasi merah, ubi, singkong dan oat. Sedangkan hal ini tidak anda jumpai pada karbohidrat sederhana, seperti nasi dan mie.

  2. Buah-buahan
    Buah-buahan kaya akan vitamin perlu Anda konsumsi secara teratur. Vitamin dan mineral pada buah dapat menjaga kualitas ASI agar tetap baik. Anda sebaiknya memakan buah-buahan yang asli, bukan buah yang sudah diolah dalam bentuk jus atau dalam bentuk kaleng.

  3. Minyak sehat atau Omega
    Selain menunjang produksi ASI, minyak sehat atau omega juga baik untuk perlindungan diri dari penyakit jantung.  Selain karbohidrat dan protein, minyak sehat atau omega diperlukan untuk produksi ASI. Omega 3, 6 dan 9 dapat dijumpai pada beberapa makanan seperti ikan laut, minyak ikan dan minyak zaitun.

  4. Olahraga dan tetap aktif
    Langkah terakhir ini tidak kalah penting untuk dilakukan. Olahraga akan menjaga tubuh Anda tetap bugar dan membakar kalori yang berlebih. Anda harus berkomitmen dalam berolahraga karena olahraga tidak dapat memberikan hasil yang instan. Berolahragalah seminggu minimal 3-4 kali. Berlari-lari kecil sudah cukup membakar kalori Anda. Selain itu, jangan berdalih karena Anda baru melahirkan, Anda dapat menghabiskan seharian di ranjang. Justru cobalah untuk tetap aktif!

Demikian empat kunci menuju tubuh sehat dan langsing, namun ASI tetap berlimpah. Cukup mudah untuk diikuti bukan? Mari hidup sehat, untuk kepentingan ibu dan bayi! Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman utama website kami.[](AN)

BACA JUGA:

    0 Komentar

    Belum ada komentar