Sukses

5 Tips Sehat Makan Fast Food

Tidak jarang kita dihadapi situasi terpaksa makan fast food. Jangan khawatir, berikut 5 tipsnya dari dr. Nadia Octavia.
 
 
 
Oleh: dr. Nadia Octavia
 
Tidak jarang kita dihadapi situasi terpaksa makan fast food. Antara kebutuhan pokok namun memikirkan konsekuensinya pada kenaikan berat badan dan kesehatan. Jangan khawatir, berikut 5 tipsnya: 
  • Pilih ukuran porsi kecil
Jika restoran cepat saji menawarkan berbagai ukuran porsi, pilihlah porsi paling kecil. Sebagai contoh satu hamburger ukuran besar dengan 2 potong daging memiliki kurang lebih 800 kalori dan 40 gram lemak. Sebagai alternatif Anda dapat memesan hamburger ukuran kecil atau porsi anak. Anda dapat memangkas 200-300 kalori.
 
  • Pilih side dish yang lebih sehat
Sebagai contoh, dibandingkan memesan seporsi kentang goreng, Anda dapat memesan salad atau kentang rebus. Anda juga dapat menambahkan buah dan sayuran ke dalam menu makanan Anda.
 
  • Go green
Ketika Anda memesan salad, Anda dapat menambahkan ayam panggang, udang atau sayuran dengan pilihan saus rendah lemak atau tanpa saus sama sekali. Hati-hati juga dengan tambahan keju, potongan daging dan roti karena akan meningkatkan jumlah kalori Anda dengan cepat. Bahkan jika Anda hanya mengonsumsi salad tanpa tambahan saus, kalori yang masuk hanya 300 kalori saja.
 
  • Pilih menu yang dipanggang
Makanan yang digoreng atau dibalur dengan tepung seperti ayam goreng atau fish & chips kaya akan lemak dan kalori. Anda dapat memilih menu yang dipanggang atau dibakar dibandingkan dengan yang digoreng.
 
  • Hati-hati yang Anda minum!
Banyak pilihan minuman yang tinggi akan kalori. Sebagai contoh adalah soda regular berukuran besar mengandung setidaknya 300 kalori. Sebagai alternatif Anda dapat memesan air mineral ataupun teh tawar. Milkshake atau minuman apapun yang mengandung ice cream juga sebaiknya dihindari. Milkshake berukuran besar setidaknya mengandung lebih dari 800 kalori dan mengandung lemak jenuh yang tidak baik bagi tubuh Anda. 
 
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](NO
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar