Sukses

6 Fakta Sehat Bersin

Simak beberapa fakta baru mengenai bersin disini oleh dr. Puti Naindra Alevia


Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

Klikdokter.com - Bersin merupakan kejadian yang biasa kita alami sehari-hari. Apakah arti bersin? Pada zaman dahulu, bersin dipercaya sebagai sebuah pengalaman mati suri. Di Indonesia sendiri, bersin memiliki berbagai macam arti, tergantung dari jam terjadinya, misalnya tanda bahwa Anda sedang dibicarakan orang banyak atau akan ada ajakan makan.

Dari segi medis, bersin adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk mengusir bakteri dan kuman yang mengancam kesehatan. Proses bersin itu sendiri dicetuskan oleh stimulasi fisik saraf trigeminal. Cabang-cabang saraf trigeminal pada wajah sangat sensitif terhadap stimulasi kimiawi, mekanis, dan sentuhan (taktil), termasuk sensasi nyeri dan suhu. Cabang saraf tersebut juga terdapat pada permukaan dalam hidung.

Di bawah ini adalah beberapa fakta menarik mengenai bersin:

  • Kecepatan udara yang ditimbulkan oleh bersin mencapai 100 mil/jam. Satu kejadian bersin dapat mengirimkan 100,000 kuman ke udara.
  • Mencabut alis dapat membuat kita bersin karena merangsang saraf trigeminal.
  • Kita tidak dapat bersin saat tidur
  • Olahraga dapat mencetuskan bersin. Saat berolahraga, keadaan hierpventilasi menyebabkan hidung dan mulut kering. Karena itu hidung bereaksi dengan mengeluarkan sekret dan membuat kita bersin.
  • Beberapa orang mengalami bersin-bersin bila merasa kedinginan. Walaupun iritasi permukaan dalam hidung merupakan pencetus bersin paling umum, pajanan terhadap udara dingin atau berdebu tidak harus ada. Hanya dengan merasa kedinginan dan mengigil, atau bahkan berpindah dari zona suhu tertentu ke zona suhu lain dapat merangsang saraf trigeminal dan menyebabkan bersin. 
  • Pajanan mendadak terhadap cahaya terang (photic response), lambung yang penuh (satiation response), penyakit sistem saraf pusat seperti epilepsi, dan orgasme(rangsangan sistem saraf parasimpatis) juga dapat mencetuskan bersin.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga mengalami bersin pada situasi-situasi tertentu? Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](PNA)

Referensi 1

Referensi 2

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar