Kesehatan Bayi

Biasakan Bayi Tidur Siang, Ini Tips Lengkapnya

dr. Muhammad Isman S, 23 Feb 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Tidur siang bermanfaat bagi kesehatan bayi. Berapa lama kebutuhan tidur siang bayi? Bagaimana cara membiasakan bayi tidur siang? Ini tipsnya.

Biasakan Bayi Tidur Siang, Ini Tips Lengkapnya

Tidur merupakan aktivitas yang penting bagi semua orang, apalagi bagi bayi. Tidur siang untuk bayi berperan penting pada pertumbuhan serta peningkatan sistem imunnya. Oleh karena itu, sebagian besar awal kehidupan bayi dilalui dengan tidur.

Tidur siang pada bayi memberikan kesempatan pada fisik dan pikirannya untuk beristirahat. Hal tersebut sangatlah penting untuk menunjang pertumbuhan mereka dan mencegah mereka mengalami kelelahan.

Selain itu, tidur siang juga membantu bayi untuk belajar, karena akan meningkatkan kemampuan konsentrasi dan memori mereka. Itulah kenapa, tidur siang itu sangat penting bagi bayi.

Lantas, berapa lama waktu yang tepat untuk bayi tidur siang? Adakah cara untuk membiasakan tidur siang kepada bayi? Ketahui semuanya lewat ulasan berikut ini. 

Berapa Lama Bayi Tidur di Siang Hari

Setelah mengetahui manfaat tidur siang untuk bayi di atas, berapa lama sih. kebutuhan tidur siang mereka? Hal ini tentunya tergantung dari usia mereka. Semakin muda, maka semakin besar juga kebutuhan tidur siang si Kecil. 

Berikut ini adalah panduan jam tidur siang anak yang bisa Anda terapkan:

  • Bayi usia kurang dari 4 bulan akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur. Mereka bahkan bisa tidur hingga 18 jam sehari. Pada usia ini, bayi masih beradaptasi dengan siklus tidur dan biasanya akan tidur siang di antara periode menyusui
  • Bayi usia 4 bulan-1 tahun biasanya akan tidur siang setidaknya 2 hingga 4 kali per hari. Dengan waktu tidur antara 30 menit hingga 2 jam per satu kali tidur siang.
  • Pada usia 1 tahun ke atas, waktu yang diperlukan bayi untuk tidur siang lebih sedikit dibandingkan dengan usia sebelumnya. Secara total, mereka membutuhkan waktu tidur 12-14 jam sehari, artinya waktu tidur siang mereka dapat berkisar antara 2-3 jam per hari.

Artikel Lainnya: Bayi Tidur dengan Mulut Terbuka, Waspadai dan Kenali Penyebabnya

Cara Membiasakan Bayi Tidur Siang

Meskipun mengetahui manfaat besar dari tidur siang terhadap bayi, tetap bukan hal mudah untuk membuat mereka tidur di siang hari. Inilah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Ciptakan suasana dan mood bayi. Ruangan yang gelap, sunyi, dan sejuk akan memudahkan bayi tidur siang
  • Konsisten memilih waktu untuk menidurkan bayi pada jam yang sama setiap hari. Misalnya, jam 9 pagi dan jam 2 siang.
  • Anda juga bisa menidurkan bayi pada saat mereka sudah mulai tampak mengantuk, seperti saat mengucek mata atau saat menguap.

Namun, perlu diingat untuk tidak membuat mereka tertidur terlalu lama di siang hari. Hal itu penting untuk mencegah mereka kesulitan tidur saat malam hari. 

Bayi seringkali mengalami kebingungan membedakan siang hari dan malam hari dan lebih lama tertidur di siang hari. 

Jadi, batasi waktu tidur siangnya sesuai rekomendasi durasi tidur siang yang disebutkan di atas.

Itulah berbagai informasi terkait pentingnya tidur siang bagi bayi. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(PUT/AYU)

tidur siangKesehatan Bayitidur

Konsultasi Dokter Terkait