Sukses

Yoga Tingkatkan Kualitas Hidup Penderita Kanker

Banyak wanita yang mengalami stres saat mengetahui dirinya terserang kanker payudara. Rasa damai, tenang dalam menghadapi persoalan ini sangat bermanfaat bagi meningkatnya kesehatan. Bagaimanakah peran yoga?

KLIKDOKTER.COM - YOGA dapat memperbaiki kondisi emosi seseorang penderita kanker payudara. Demikian sebuah penelitian mengungkapkan.

"Banyak wanita yang mengalami stres saat mengetahui dirinya terserang kanker payudara. Rasa damai, tenang dalam menghadapi persoalan ini sangat bermanfaat bagi meningkatnya kesehatan," ujar Suzanne Danhauer, dari Wake Forest University School of Medicine dalam sebuah rilis berita Universitas.

Penelitian ini melibatkan 44 wanita penderita kanker payudara. Sepertiga dari mereka menjalani sedang perawatan dan yang lainya sudah selesai. Separuh ikut program yoga dan separuhnya sedang dalam daftar tunggu.

Para wanita peserta kelas yoga ini menjalani 75 menit yoga restoratif. HAsilnya, 50 persen dari mereka mengalami penurunan tingkat depresi dan 12 persen merasa tenang dan berarti. Peserta yoga ini juga merasa tidak mudah lelah.

Hasil penelitian, yang dikatakan Danhauer "sungguh menjanjikan dan perlu dilanjutkan dalam penelitian skala besar," dipublikasikan pada 24 Februari lalu di jurnal Psycho-Oncology (onkologi = hal berkaitan dengan kanker).

"Bukti yang tampak dari review sistematis atas penelitian acak ini sangat kuat menyatakan bahwa terapi atas tubuh dan pikiran mempengaruhi mud, kualitas hidup dan perawatan pada mereka yang menderita kanker," ujar Danhauer. "Yoga adalah salah satu terapi tubuh dan pikiran yang digunakan secara luas dan relatif menghasilkan sesuatu yang masuk akal."

    0 Komentar

    Belum ada komentar