Sukses

Wajib Tahu, Ini Ciri-Ciri Anak Sehat

Tak hanya dapat dilihat dari pertumbuhan dan perkembangan anak, anak sehat bisa Anda identifikasi dari ciri-ciri berikut.

Tidak ada yang lebih membahagiakan ketimbang melihat anak tumbuh sehat. Sehat ini tidak hanya sebatas fisik, tetapi juga mental. Sehat jasmani dan rohani dapat menunjang anak untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa hambatan.

Anak membutuhkan banyak perhatian dan perawatan dari orangtua. Jadi, Anda perlu memastikan untuk mendukung segala sesuatu yang dapat menunjang kesehatan dan kesejahteraan si kecil!

Selain itu, penting bagi orangtua untuk mengetahui ciri-ciri anak sehat. Apa saja tanda anak sehat yang mudah dikenali?

1 dari 11 halaman

1. Nafsu Makan Baik

Saat waktu makan tiba, anak yang sehat cenderung antusias dan lahap menyantap menu makanan yang akan dikonsumsi. Ia juga tidak mengalami gangguan mengunyah, terutama saat berusia di atas 1 tahun.

Jika masih bayi atau usianya lebih kecil, kesehatan anak dapat terlihat dari keinginan mengisap dan meminta untuk sering menyusu. Hal ini menunjukkan anak memiliki nafsu makan dan sistem pencernaan yang baik.

Artikel lainnya: Anak Sehat Selama di Rumah, Ibu Harus Siapkan Perlengkapan Medis Ini!

2 dari 11 halaman

2. Tumbuh dengan Baik

Ciri-ciri anak sehat berikutnya adalah tumbuh dengan baik. Artinya, anak tumbuh dengan berat dan tinggi badan sesuai usianya. Anak juga dapat tumbuh baik karena terbebas dari penyakit kronis.

Anda bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan anak menggunakan KMS (Kartu Menuju Sehat). Biasanya, anak yang memiliki grafik pertumbuhan di bawah garis merah pada KMS tandanya mengalami kekurangan gizi atau penyakit penyerta lainnya.

3 dari 11 halaman

3. Berkembang Sesuai Tingkat Usia

Pelajarilah tahapan-tahapan perkembangan anak sesuai usianya dan ciri fisik anak. Perhatikan perkembangan kemampuan motorik, sensorik, dan kognitif, misalnya kapan anak mulai bisa duduk, merangkak, berjalan, atau mulai bergumam untuk berbicara.

Jika ada tahapan yang terlewati, konsultasikan kepada dokter anak untuk mengetahui pengaruhnya pada tumbuh kembang anak.

Artikel lainnya: Daftar Minuman untuk Anak yang Sehat dan Bernutrisi

4 dari 11 halaman

4. Terlihat Lebih Aktif, Lincah, dan Ceria

Anak yang sehat cenderung lebih banyak bergerak aktif, senang bermain, dan terlihat lebih sering menampilkan ekspresi wajah ceria. 

Jika anak tampak lebih sering berdiam diri dan murung, terus berikan anak stimulasi dalam bentuk ajakan bermain atau komunikasi.

5 dari 11 halaman

5. Mata Terlihat Bersih dan Berbinar

Ketika diajak bicara, anak yang sehat akan menunjukkan kontak mata yang responsif. Ciri anak sehat ini cukup mudah diamati.

Untuk menstimulasi hal tersebut, ajaklah anak berbicara setiap ada kesempatan, baik saat makan, mandi, bermain, atau sebelum tidur. Peran orangtua dan anggota keluarga lainnya berpengaruh dalam hal ini.

6 dari 11 halaman

6. Bibir dan Lidah Tampak Segar

Kesehatan anak dapat juga dilihat dari tampilan bibir yang tidak terlihat kering. Selain itu, bagian lidah anak yang sehat berwarna merah, serta tidak terlihat bercak-bercak putih akibat jamur atau infeksi bakteri lainnya. 

Jika anak sudah memasuki usia balita, baiknya sesegera mungkin untuk diajarkan bagaimana cara memelihara kesehatan gigi dan mulut. Langkah utamanya seperti menggosok gigi.

Artikel lainnya: Orang Tua, Ini Ciri-Ciri Anak Terlambat Tumbuh Kembang

7 dari 11 halaman

7. Napas Tidak Bau

Napas tidak berbau adalah salah satu tanda anak sehat. Bila napas anak berbau, biasanya terjadi akibat kurang terawatnya gigi dan mulut sejak kecil. 

Infeksi jamur ataupun bakteri, gigi berlubang, hingga masalah pada organ telinga, hidung, tenggorokan (THT) akan menimbulkan bau yang kurang sedap pada napas anak.

8 dari 11 halaman

8. Kulit Kepala dan Rambut Tampak Bersih

Kesehatan anak yang baik juga dapat terlihat dari kulit kepala dan rambut yang tampak bersih. 

Rambut dan kulit kepala anak sehat dapat ditandai dengan rambut yang tidak mudah rontok, tidak kusam, berkilau, dan kulit kepala tidak mengelupas.

9 dari 11 halaman

9. Mudah Menyesuaikan Diri dengan Lingkungan

Saat berada di lingkungan luar, anak yang sehat cenderung dapat dengan mudah bermain dengan anak-anak lain di area tersebut. Anak juga tidak canggung untuk beraktivitas bebas di sana dengan menggunakan kreativitasnya.

Nah, orangtua harus mengajarkan segala hal, tak terkecuali cara berkomunikasi dengan teman sebayanya. Dampingi tumbuh kembang si kecil dengan dekapan cinta dan perhatian.

Artikel lainnya: 11 Makanan Sehat dan Bergizi yang Disukai Anak

10 dari 11 halaman

10. Tidur Nyenyak

Tidur anak yang nyenyak menjadi tanda anak berkembang dengan sangat baik. Waktu tidur yang cukup berperan pada perkembangan kognitif anak untuk berpikir, mengolah informasi, dan belajar bahasa. 

Jumlah waktu tidur anak berbeda-beda tergantung usia: 

  • Bayi usia 0-3 bulan: 14-17 jam per hari
  • Bayi usia 4-11 bulan: 12-15 jam per hari 
  • Batita usia 1-2 tahun: 11-14 jam per hari 
  • Balita 3-5 tahun: 10-13 jam per hari

Berbagai ciri anak sehat yang disebutkan di atas dapat dijadikan patokan untuk mengukur kesehatan anak.

Akan tetapi, jika Anda menemukan kelainan atau keterlambatan perkembangan, segera konsultasi dokter anak untuk memahami penyebab dan mengambil tindakan untuk mengatasinya. 

Anak sehat, orangtua pun ikut bahagia! Cari tahu informasi lengkap seputar tumbuh kembang anak di aplikasi KlikDokter.

(FR/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar