Sukses

Menonton TV Penyebab Obesitas pada Anak

Kegemukan pada anak biasanya terjadi karena beberapa faktor antara lain faktor genetik yaitu keturunan dari keluarga yang memiliki bibit obesitas

KLIKDOKTER.COM - Kegemukan pada anak biasanya terjadi  karena beberapa faktor antara lain faktor genetik yaitu keturunan dari keluarga yang memiliki bibit obesitas, faktor lingkungan, nutrisional, dan aktivitas.

Delapan faktor yang berhasil diidentifikasi para ahli sebagai faktor penyebab kegemukan adalah :

  • Kegemukan pada orang tua
  • Berat badan saat lahir
  • Pada usia 3 tahun, menghabiskan 8 jam seminggu untuk menonton TV
  • Pertambahan berat badan yang cepat hingga anak berusia 2 th
  • Pertambahan berat badan yang cepat pada tahun pertama usia pada usia 3 th,
  • Waktu tidur kurang dari 10,5 jam setiap malamnya
  • Ukuran tubuh saat usia 8 bulan dan 18 bulan
  • Perkembangan yang dini dari lemak tubuh di usia pra sekolah, usia dimana yang seharusnya lemak tubuh belum meningkat

Para orang tua umumnya bahagia jika memiliki anak dengan berat badan subur, dibanding anak berbadan kurus namun sehat.

Penelitian yang dilakukan di Inggris terhadap 9.000 anak mengungkapkan bahwa televisi merupakan salah satu dari delapan faktor risiko penyebab kegemukan yang telah teridentifikasi.

Hal ini disebabkan oleh  ketidakseimbangan antara asupan energi dengan keluaran energi. Kelebihan energi inilah yang akhirnya disimpan dalam jaringan lemak. Faktor aktivitaslah yang membawa pengaruh pada akhirnya.

Sebuah penelitian menunjukan ahwa aktivitas anak cenderung menurun ketika anak tersebut lebih memilih melakukan aktivitas didalam rumah ketimbang diluar rumah seperti berenang, berolahraga, jalan-jalan, dll. Menonton televisi juga terbukti menurunkan aktivitas dan keluaran energi karena anak-anak menjadi kurang berjalan, bersepeda maupun naik turun tangga.

Untuk itu, perubahan dari gaya hidup sangatlah penting. Modifikasi gaya hidup sejak dini yang dimulai  sejak kehamilan ibu, bayi, hingga masa anak-anak akan mengurangi resiko kegemukan di kemudian hari. ( Kartika  Sari – Berbagai sumber )

Sumber

    0 Komentar

    Belum ada komentar