Sukses

Pembatasan Kalori Vs Olahraga

Manakah yang terbaik, membatasi jumlah kalori atau melakukan latihan fisik? Menurut Donald Hensrud, M.D., seorang preventive medicine dan nutrition specialist dari Mayo Clinic, Rochester, Minn., mengonsumsi lebih sedikit kalori melalui perubahan diet, kelihatannya lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan latihan atau melakukan aktivitas fisik. Akan tetapi

KLIKDOKTER.COM - Manakah yang terbaik, membatasi jumlah kalori atau melakukan latihan fisik?  Menurut Donald Hensrud, M.D., seorang preventive medicine dan nutrition specialist dari Mayo Clinic, Rochester, Minn., mengonsumsi lebih sedikit kalori melalui perubahan diet, kelihatannya lebih efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan latihan atau melakukan aktivitas fisik. Akan tetapi, terang dia, aktivitas fisik juga sangat penting dalam mengontrol berat badan.

Kunci menurunkan berat badan, terang Hensrud, adalah membakar lebih banyak kalori dibandingkan kalori yang Anda makan. 3.500 kalori, lanjut dia, setara dengan 0.45 kg lemak. Karena itu, jika ingin menurunkan berat badan sebanyak 0.45 kg, Anda harus membakar lebih dari 3.500 kalori. kalau Anda mengurangi 500 kalori dari diet Anda biasanya setiap hari, maka Anda akan menurunkan berat badan sebanyak 0.45 kg dalam waktu seminggu (500 kalori dikali 7 hari= 3.500 kalori).

Latihan jika dipadukan dengan pembatasan kalori akan membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat. Latihan fisik bisa membantu membakar kelebihan kalori yang tidak bisa Anda kurangi melalui diet semata. Selain itu, olahraga juga mendatangkan berbagai manfaat positif, termasuk memperbaiki mood, menguatkan sistem kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

Olahraga juga bisa membantu Anda mempertahankan berat badan. Hasil studi, seperti dikutip situs mayoclinic menunjukkan, mereka yang bisa mempertahankan berat badan mereka dalam waktu lama ternyata melakukan latihan fisik secara teratur. Sedang mereka yang menurunkan berat badan melalui diet ketat atau secara drastis mengurangi jumlah kalori, misalnya dari 400-800 sehari, akan kembali mengalami penambahan berat badan dalam waktu singkat. Mungkin dalam waktu 6 bulan setelah mereka berhenti diet.

Bagimana dengan Anda? Anda tentunya ingin mempertahankan berat badan ideal dalam waktu lama. Karena itu, tidak ada salahnya memadukan diet sehat dengan latihan fisik. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan bentuk tubuh impian Anda sekaligus bisa menjaga kesehatn tubuh secara umum.

Sumber

    0 Komentar

    Belum ada komentar