Sukses

Variasi Olahraga dan Manfaatnya

Prof. Dr. Wimpie Pangkahila, Sp.And, dalam buku Anti-Aging Medicine, mengungkapkan ada enam aspek kebugaran yang dapat dihasilkan dengan melakukan latihan atau olahraga tertentu. Simak contohnya...

Olahraga memang cara paling mudah untuk membakar kalori. Namun mengurangi berat badan bukanlah satu-satunya tujuan olahraga. Masih banyak manfaat sehat yang bisa kita petik.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya jika kita mencoba beberapa jenis olahraga yang berbeda dengan yang sehari-hari kita lakukan. Sebab, kombinasi olahraga akan memperkaya manfaat yang bisa didapat.

Prof.Dr.Wimpie Pangkahila, Sp.And, dalam buku Anti-Aging Medicine, mengungkapkan ada enam aspek kebugaran yang dapat dihasilkan dengan melakukan latihan atau olahraga tertentu. Simak contohnya;

1. Meningkatkan daya tahan dan fungsi jantung serta pernapasan
Lakukan: Jalan santai, mendaki, joging, lari, bersepeda, aerobik, bermain ski, berenang, mendayung, melompat di atas trampolin.

2. Kekuatan dan pengembangan otot
Latihan beban, lari cepat, berenang, mendayung, tenis, yoga, isometric, peregangan, squash, bola basket.

3. Kecepatan dan waktu reaksi
Lari cepat, tenis, pingpong, baseball, bola tangan, perang-perangan, sepak bola, lempar cakram.

4. Koordinasi dan keseimbangan
Dansa, golf, squash, berlayar, tenis, bowling, tai chi, bola basket, sepak bola, bulu tangkis, biliar, yoga, atau berkuda.

5. Kelenturan
Dansa, peregangan, tai chi, meditasi, yoga.

6. Relaksasi syaraf otot
Berkebun, golf, lempar cakram, bermain layang-layang, tai-chi, yoga.

Sumber : kompas.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar