Sukses

Ciri Tubuh yang Aneh

Anda tiba-tiba sakit kepala saat makan es krim atau minum minuman dingin lainnya. Atau, Anda sama sekali tidak bisa berhenti berkeringat sehingga membuat Anda merasa terganggu. Ciri aneh ini sebenarnya tidak terjadi tanpa alasan. Berikut beberapa ciri aneh tubuh lainnya yang mungkin pernah juga Anda alami, sebab-sebabnya serta cara mengatasinya

 

PERNAHKAH Anda tiba-tiba sakit kepala saat makan es krim atau minum minuman dingin lainnya. Atau, Anda sama sekali tidak bisa berhenti berkeringat sehingga membuat Anda merasa  terganggu. Ciri aneh ini sebenarnya tidak terjadi tanpa alasan. Berikut beberapa ciri aneh tubuh lainnya yang mungkin pernah juga Anda alami, sebab-sebabnya serta cara mengatasinya.

Otak beku

Jika tiba-tiba Anda sakit kepala saat makan es krim atau tanpa sengaja menggigit batu es dalam jus Anda, hal ini tidak terjadi secara tiba-tiba. Ini terjadi saat benda dingin menyentuh saraf-saraf atap atau langit-langit mulut, sehingga memicu penyempitan pembuluh darah di bagian depan kepala. Hal ini merupakan penyebab rasa sakit yang Anda rasakan. Untuk meredakannya, cobalah tekankan lidah ke langit-langit mulut untuk memanaskannya kembali.

Keringat berlebih

Masalah satu ini bisa membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun, hal ini seringkali terjadi bahkan pada orang yang sehat. Meskipun bisa terjadi di muka, keringat paling parah biasanya terjadi di area telapak tangan, kaki, serta ketiak. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah antiperspirant yang mengandung aluminium khlorida, antiperspirant yang diresepkan dokter, injeksi botoks, obat-obatan oral, atau bahkan operasi. Tapi, ada baiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

Vertigo saat bergerak

Pernahkah Anda merasa ruangan di sekeliling Anda berputar? Ini bisa saja vertigo. Masalah ini bisa disebabkan oleh peradangan di dalam telinga atau penurunan aliran darah ke otak. Vertigo bisa bertahan selama beberapa menit, bahkan beberapa jam. Untuk membedakan vertigo dengan pusing biasa, harus ada gerakan berputar, serta gejala lain termasuk mual atau muntah, berkeringat, serta gerakan mata yang tidak biasa. Vertigo bisa diatasi sesuai dengan penyebabnya. Untuk lebih lanjut berkonsultasilah dengan dokter.

Nyeri di tangan dan kaki

Pernahkah Anda merasa tangan atau kaki seperti ditusuk-tusuk jarum? Rasa nyeri yang bersifat sementara namun membahayakan ini disebabkan oleh kurang gerak, atau tekanan yang terus-menerus terhadap bagian tubuh tersebut, sehingga sel-sel tidak bisa menyampaikan pesan ke otak. Cara mengatasinya cukup sederhana: ubahlah posisi Anda. Jika rasa sakitnya bertambah parah, kosultasilah dengan dokter.

Tersedak

Tersedak merupakan dampak dari kontraksi diafragma (otot-otot pernafasan di bawah paru-paru) yang tidak terkontrol. Cegunakan ini dipicu oleh makan yang terlalu cepat, alkohol berlebih, atau menelan udara secara tidak sengaja. Masalah ini biasanya akan berlalu dengan sendirinya. Tapi penyembuhan bisa dipercepat dengan cara menahan nafas, minum air dengan cepat, dan menarik nafas sebanyak-banyaknya.

Mata berkedip-kedip

Kejang kelopak mata tidak bisa diprediksi, sangat mengganggu dan berbahaya. Hal ini bisa disebabkan oleh stres, kelelahan, mata yang terlalu tegang, atau mata kering. Akan tetapi, ada juga mata berkedip yang disebabkan oleh gangguan saraf. Kejang kelopak mata ini biasanya sembuh dengan sendirinya. Tapi, jika terus bertahan, seringkali dianjurkan untuk melakukan botoks. Tapi, pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter ahlinya.

Penimbunan lilin telinga

Lilin telinga berfungsi untuk melawan infeksi, menjaga agar telinga tetap bersih, dan tubuh secara alami akan melepaskan kelebihan lilin ini dengan menumpahkannya pada permukaan kulit. Masalah seperti rasa sakit, gatal, telinga berdenging, atau hilangnya pendengaran, mulai muncul saat kita membersihkan telinga dengan kain, cotton bad, atau benda lainnya. Jika merasa terganggu, ada baiknya meminta dokter membersihkannya dengan cara irrigation.

Kejang di betis

Kejang dan ketegangan otot kaki ini bisa bertahan selama beberapa detik, bahkan beberapa menit. Meskipun penyebab pastinya belum diketahui, dehidrasi, penggunaan otot-otot secara berlebih, serta kekurangan nutrisi seperti kalium dan kalsium bisa menjadi pemicunya. Untuk meredakan rasa sakitnya, berjalanlah ke sekeliling atau goyangkan kaki dan regangkan otot Anda. Jika kram tetap bertahan, berkonsultasilah dengan dokter.

Rambut berlebih

Hanya sedikit perempuan yang menyukai rambut berlebih di tubuhnya. Rambut berlebih atau hirsutisme ini bisa mengurangi rasa percaya diri dan biasanya berbahaya. Tapi, bisa juga karena faktor genetik. Salah satu penyebab umum lainnya adalah polycystic ovarian syndrome (PCOS), yang ditandai dengan kelebihan hormon laki-laki. Masalah ini akan ditangani bergantung pada penyebabnya. Jadi, ada baiknya memeriksakan diri ke dokter.

 

Sumber : mediaindonesia.com

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar