Kesehatan Umum

Gula Darah Rendah Pengaruhi Kemampuan Menyetir

Klikdokter, 20 Agt 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) tidak bagus untuk kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan serangan gula darah yang rendah dapat mempengaruhi kemampuan menyetir penderita diabetes, sehingga membuatnya tidak aman untuk menyetir

Gula Darah Rendah Pengaruhi Kemampuan Menyetir

KLIKDOKTER.COM - Kadar gula darah yang terlalu rendah (hipoglikemia) tidak bagus untuk kesehatan. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan serangan gula darah yang rendah dapat mempengaruhi kemampuan menyetir penderita diabetes, sehingga membuatnya tidak aman untuk menyetir.

"Dari 452 pengemudi dewasa yang menderita diabetes, sebanyak 52 persennya melaporkan pernah mengalami kecelakaan ketika gula darahnya rendah," ujar Dr Daniel J. Cox dari University of Virginia Health Sciences Center, seperti dikutip dari Reuters.

Cox mengungkapkan bagi penderita diabetes yang mengemudi dengan kadar gula darah rendah, sebaiknya segera menghentikan mobilnya dan mengonsumsi makanan yang cepat menaikkan kadar gula darahnya. Setelah itu tunggu hingga kadar gula darahnya naik sebelum mulai menyetir kembali.

Kecelakaan yang terjadi akibat mengemudi dalam keadaan kadar gula darah rendah memang bukan menjadi penyebab kecelakaan yang paling utama. Tapi dalam setahun sekitar 2,4 persen dari semua jumlah kecelakaan berkaitan dengan serangan gula darah rendah pada pengemudi.

Didapatkan sekitar 78 persen kadar gula darah dari pengemudi yang mengalami kecelakaan ini kurang dari 90 mg/dl darah. Bahkan ada diantaranya yang kurang dari 70 mg/dl darah.

Oleh karena itu Cox dan tim menyarankan bagi para pengemudi yang memiliki penyakit diabetes agar mengukur kadar gula darahnya 30 menit sebelum menyetir. Penderita diabetes tersebut diperbolehkan untuk menyetir jika memiliki kadar gula darah lebih dari 90 mg/dl darah.

Jika kadar gula darah seseorang terlalu rendah, bisa menyebabkan berbagai sistem organ dalam tubuh mengalami penurunan fungsi. Salah satunya adalah fungsi dari otak. Otak termasuk organ yang sangat sensitif atau peka terhadap penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Kadar gula darah yang rendah dalam tubuh bisa memicu otak untuk melepaskan epinefrin yang ditandai dengan perasaan cemas, berkeringat, gemetar, jantung berdebar dan gelisah.

Jika kondisinya semakin berat bisa membuat asupan glukosa ke otak berkurang yang menyebabkan pusing, tidak mampu berkonsentrasi, gangguan penglihatan dan kejang. Serangan ini bisa terjadi secara perlahan atau tiba-tiba.

Sumber: klikpdpi.com

Konsultasi Dokter Terkait