Sukses

4 Masalah Kesehatan saat Bermudik

Simak 4 masalah paling umum yang ditemui saat bermudik oleh dr. Jessica Florencia disini.

Oleh: dr. Jessica Florencia

 
Setelah hampir menyelesaikan ibadah puasa Ramadan, banyak dari kita akan mulai merencanakan dan menyiapkan perayaan Idul Fitri. Salah satu kegiatan yang tidak dapat disingkirkan dari rutinitas Idul Fitri, terutama bagi para perantau adalah bermudik.
 
Beramai-ramai menempuh perjalanan pulang ke daerah asal merupakan ajang silaturahmi yang perlu  dipersiapkan dengan baik. Karena, alih-alih bisa sampai di tempat bermudik dengan selamat, para pemudik bisa mengalami gangguan kesehatan dan gagal merayakan Idul Fitri dengan nyaman.
 
Berikut ini beberapa penyakit yang perlu diwaspadai saat bermudik:
 
1.       Keracunan makanan
Bermudik menuju kampung halaman yang agak jauh biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka, biasanya bagi para pemudik harus makan di tempat-tempat makan yang dilewati di sepanjang rute perjalanan atau di dalam kendaraan bermudik (kapal laut, pesawat terbang). Para pemudik harus berhati-hati untuk memperhatikan makanan yang dimakannya agar dapat terhindar dari keracunan makanan. Makanan dengan bau yang sudah tidak enak, warna yang tidak segar, rasa yang aneh harus dihindari. Bekal makanan yang dicurigai basi juga sebaiknya dibuang dan tidak dikonsumsi.

Para pemudik perlu mewaspadai keracunan makanan bila terjadi gejala:

a.      Mual

b.      Muntah
c.      Nyeri atau kram perut
d.      Kembung
e.      Diare
f.       Sakit kepala, lemas, kejang
g.      Pandangan kabur

Gejala-gejala tersebut biasanya terjadi 2-3 jam setelah menyantap makanan tertentu tersangka penyebab keracunan.

 
2.       Diare
Diare dapat merupakan bagian dari keracunan makanan atau merupakan gejala tersendiri karena infeksi. Lagi-lagi, pemudik perlu memperhatikan dengan seksama makanan yang dikonsumsi selama perjalanan. Selain karena infeksi, iritasi saluran cerna karena makanan yang terlalu pedas atau terlalu berbumbu juga dapat menyebabkan diare.
 
3.       Infeksi saluran pernapasan akut
Perjalanan yang terlalu melelahkan, dapat menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh. Menurunnya daya tahan tubuh dapat menyebabkan  para pemudik lebih rentan terkena penyakit infeksi. Salah satunya yang paling sering adalah infeksi saluran pernapasan akut. Gejala batuk, pilek, nyeri menelan, suara serak, demam, nyeri otot, lemas tentu dapat mengganggu acara bersilahturahmi.
 
Untuk itu, pastikan para pemudik tetap cukup beristirahat, tidak memaksakan diri, menjaga asupan makanan dan cairan yang cukup, mengkonsumsi buah dan sayuran, serta bila perlu mengkonsumsi suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
 
4.       Penyakit Tidak Menular = PTM
Para pemudik yang menderita penyakit seperti hipertensi, diabetes mellitus, asam urat, penyakit jantung, asma perlu tetap memperhatikan konsumsi makanan, asupan cairan dan jadwal minum obatnya dengan seksama. Lupa meminum obat dapat menyebabkan kekambuhan atau perburukan kondisi kesehatan. Hal ini tentu dapat mengganggu acara bermudik dan Idul Fitri.
 
Tetaplah sehat selama bermudik agar Anda dan keluarga dapat merayakan Idul Fitri dengan penuh kemenangan dan keberkahan.
 
Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaanAnda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami. Selamat bermudik! (JF)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar