Sukses

3 Langkah Gigi dan Mulut Sehat Selama Ramadhan

Tak terasa, kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan lagi. Bulan yang teristimewa bagi umat Muslim, yang akan berpuasa satu bulan lamanya. Banyak persiapan yang biasa dilakukan untuk menyambutnya, mulai dari kondisi fisik dan mental hingga belanja kebutuhan rumah tangga. Namun ada salah satu hal yang tak boleh terlewatkan, yaitu...

Oleh: drg. Martha Mozartha, Msi

KlikDokter.com - Tak terasa, kita sudah memasuki bulan suci Ramadhan lagi. Bulan yang teristimewa bagi umat Muslim, yang akan berpuasa satu bulan lamanya. Banyak persiapan yang biasa dilakukan untuk menyambutnya, mulai dari kondisi fisik dan mental hingga belanja kebutuhan rumah tangga. Namun ada salah satu hal yang tak boleh terlewatkan, yaitu memastikan kesehatan gigi dan mulut dalam kondisi prima.

Saat kita berpuasa, praktis tidak ada makanan atau pun minuman yang dikonsumsi sepanjang hari. Dengan demikian, aliran air liur menurun sehingga mulut terasa kering. Kondisi ini dapat menyebabkan timbulnya bau mulut yang kurang sedap, apalagi bila kebersihan gigi dan mulut buruk. Sisa makanan yang luput tidak dibersihkan akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan gas sulfur (Volatile Sulphur Compound/VSC).

Langkah berikut ini dapat dilakukan untuk mendapatkan gigi dan mulut yang sehat sebelum Ramadhan tiba.

  1. Segera periksakan diri Anda ke dokter gigi. Apabila telah terjadi lubang pada gigi Anda, lubang tersebut dapat segera dirawat. Selain itu pembersihan karang gigi juga sangat penting untuk dilakukan. Lubang gigi serta karang gigi yang menumpuk di permukaan gigi adalah  sumber bau mulut.
  2. Jika selama ini Anda termasuk lalai dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut, Anda masih punya beberapa waktu untuk mendisiplinkan diri. Biasakan menyikat gigi secara teratur, terutama malam hari sebelum tidur. Sisa makan malam yang tidak dibersihkan hingga esok hari akan menjadi “makanan” bagi bakteri penyebab lubang gigi, dan lama kelamaan akan mengeras menjadi karang gigi.
  3. Mulailah menerapkan cara menjaga oral hygiene yang benar dari sekarang. Di antaranya penyikatan gigi dilakukan dengan menggerakkan sikat secara vertikal (atas-bawah) dengan mengenai gusi,  dan bukan secara horizontal (kiri ke kanan). Selain itu, bekali juga diri dan keluarga Anda dengan metode pembersihan gigi yang lain selain sikat dan pasta gigi. Misalnya benang gigi (dental floss) yang berguna untuk membersihkan sisa makanan di sela gigi, dan obat kumur yang membantu membunuh kuman.

Gigi sehat, puasa pun lancar. [](MM)

    0 Komentar

    Belum ada komentar