Sukses

Suplemen Kalsium Sebabkan Gangguan Jantung?

Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Penggunaan kalsium sangat sering digunakan terutama oleh penderita osteoporosis dan populasi geriatri. Salah satu fungsi kalsium adalah untuk kesehatan tulang terutama untuk pencegahan dan pengobatan penyakit osteoporosis...

Oleh: dr. Ema Anindia

KlikDokter.com - Kalsium merupakan nutrisi yang penting untuk tubuh kita. Penggunaan kalsium sangat sering digunakan terutama oleh penderita osteoporosis dan populasi geriatri. Salah satu fungsi kalsium adalah untuk kesehatan tulang terutama untuk pencegahan dan pengobatan penyakit osteoporosis.

Sudah beberapa tahun ini, banyak yang masih mempertanyakan efek kalsium untuk kesehatan jantung dan efek-efek lain dari kalsium diluar efek ke tulang. Seperti yang diterbitkan pada Medscape Education (4/3/2013), Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute, Bethesda menyebutkan bahwa “Terdapat peningkatan risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000 mg sumplemen kalsium perhari, namun efek ini tidak terlihat pada wanita”.

Pendapat ini dibuktikan pula oleh data yang didapatkan dari NIH (National Institue of Health) yang meneliti 388.229 pria dan wanita usia 50 – 70 tahun di Amerika selama 12 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan risiko kematian sebanyak 20% pada pria yang mengkonsumsi 1000mg suplemen kalsium per hari dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi suplemen, namun tidak ditemukan asosiasi pada wanita.

Seperti yang dipublikasikan di JAMA: Internal Medicine, “less is more”, menyebutkan bahwa pengkonsumsian suplemen kalsium dosis tinggi sangat sering dipromosikan yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang, namun belum tentu menguntungkan di sisi lain. Dalam artikel itu disebutkan bahwa sumber kalsium yang terbaik adalah dari makanan-makanan yang kaya akan kalsium seperti produk-produk susu rendah lemak dan sayur-sayuran hijau.

 

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.[](EA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar