Gigi Mulut

Sedang Sakit Gigi Bolehkah Minum Air Kelapa?

drg. Callista A, 15 Mar 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Air kelapa memiliki beragam manfaat. Namun, apakah ada efek air kelapa untuk sakit gigi? Bolehkah minum air kelapa saat sakit gigi? Cek di sini.

Sedang Sakit Gigi Bolehkah Minum Air Kelapa?

Air kelapa menjadi salah satu minuman pilihan selain air putih untuk mencukupi cairan tubuh. Ini karena air kelapa mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, kalsium, magnesium, natrium, kalium, dan mangan.

Biasanya air kelapa dijadikan minuman andalan saat kamu sakit diare, berbuka puasa, atau setelah olahraga. Lantas, apakah boleh minum air kelapa saat sakit gigi? Jika iya, apakah manfaatnya?

Efek Air Kelapa untuk Kesehatan Gigi

Sakit gigi tidak hanya disebabkan oleh gigi berlubang saja. Gigi patah, abses pada gigi, gigi copot, atau infeksi lainnya juga bisa menyebabkan sakit gigi.

Saat sakit gigi, pilihan makanan dan minuman perlu kamu perhatikan. Bila dibandingkan dengan minuman energi yang banyak beredar di pasaran, air kelapa segar mengandung sedikit kalori dan lebih rendah gula sehingga tidak mengancam kesehatan gigi. 

Lebih jelasnya, berikut ada beberapa manfaat air kelapa untuk kesehatan gigi yang bisa kamu dapatkan, termasuk saat sakit gigi:

1. Mengandung Antibakteri

Menengok studi pada Journal of Research in Dental and Maxillofacial Sciences, air kelapa memiliki sedikit efek antibakteri terhadap A. Actinomycetemcomitans.

Bakteri A. Actinomycetemcomitans sendiri merupakan bakteri penyebab periodontitis (peradangan gusi dan struktur sekitar gigi). Efeknya ini berpotensi mencegah keparahan sakit gigi.

2. Menguatkan Gigi

Gigi membutuhkan kalsium agar tetap sehat dan kokoh. Nah, air kelapa mengandung kalsium yang bisa membantu kamu mencukupi kebutuhan kalsium.

3. Menjaga Lapisan Enamel

Menurut riset pada Jurnal Elsevier, Materialstoday: Proceedings, air kelapa, santan, dan minyak kelapa virgin memberikan perlindungan pada lapisan enamel.

Jadi, bagian dari buah kelapa tersebut bisa mendukung proses remineralisasi lapisan enamel gigi.

Nah, enamel sendiri merupakan lapisan yang melindungi gigi dari paparan suhu, bahan kimia, atau struktur yang bisa merusak gigi.

4. Membersihkan Permukaan Gigi

Temuan pada Advances in Health Sciences Research Journal menemukan, berkumur dengan air kelapa bisa membantu membersihkan permukaan gigi dari bakteri. 

Mekanismenya begini, air kelapa dapat meningkatkan aliran air ludah di dalam mulut. Nah, air ludah inilah yang membantu membilas bakteri yang menempel di gigi.

5. Cairan Penyimpanan Sementara pada Gigi yang Lepas

Menurut studi pada British Dental Journal, air kelapa muda membantu agar sel-sel pada jaringan penyangga di sekitar gigi yang lepas tetap vital dibanding dengan susu. 

Hal ini memperbesar kemungkinan gigi yang dipasang kembali ke dalam socket-nya bisa menempel kuat lagi di dalam mulut.

Manfaatnya ini didapat dari kandungan glukosa, fruktosa, mineral, protein, dan asam amino yang dapat menutrisi gigi yang lepas tersebut.

Artikel Lainnya: Jenis-Jenis Penyakit Periodontitis yang Harus Diketahui

Aturan Minum Air Kelapa untuk Penderita Sakit Gigi

Berdasarkan manfaat air kelapa untuk kesehatan gigi, kamu aman minum cairan ini saat sakit gigi. Manfaatnya akan lebih optimal jika kamu memilih buah kelapa yang segar dan nikmati tanpa menambahkan pemanis.

Penelitian pada Journal La Medihealtico menyebut, berkumur dengan air kelapa muda dapat menurunkan pH keasaman air ludah dibandingkan air kelapa tua.

Oleh karena itulah, kamu disarankan berkumur dan minum air putih setelah minum air kelapa muda maupun tua. 

Artikel Lainnya: Cara Mengatasi Sakit Gigi yang Mudah dan Ampuh

Manfaat air kelapa untuk kesehatan gigi, termasuk saat kamu sedang sakit gigi, sangat sayang bila dilewatkan, bukan? Nah, ikuti aturan minumnya ya, supaya tidak timbul masalah gigi lainnya.

Kalau kamu punya masalah gigi, jangan sungkan periksa ke dokter. Kamu juga bisa menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan dokter gigi lebih mudah!

Yuk #JagaSehatmu dengan rutin menyikat gigi dan periksa ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali!

(NM)

Manfaat Air Kelapa

Konsultasi Dokter Terkait