Diet dan Nutrisi

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Tim Redaksi KlikDokter, 26 Jul 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dalam beberapa penelitian, dietemukan air kelapa mengandung banyak elektrolit (mineral), yang dapat berguna untuk menghidrasi tubuh manusia. Simak selengkapnya dari dr. Dewi Ema Anindia disini.

Manfaat Air Kelapa untuk Tubuh

Oleh: dr. Dewi Ema Anindia

 

Air kelapa merupakan cairan yang berasal dari kelapa muda. Dalam beberapa tahun ini ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk menganalisa efek dari air kelapa. Air kelapa mengandung banyak elektrolit (mineral), yang dapat berguna untuk menghidrasi tubuh manusia. Elektrolit juga berguna dalam menjaga keasaman darah serta berpengaruh terhadap kontraksi otot. Air kelapa memiliki kadar kalium yang tinggi, yang dapat mendukung kesehatan dari jantung dan otot.

Berikut beberapa manfaat dari air kelapa yang sudah pernah diteliti sebelumnya :

  • Berolahraga : Air kelapa yang mengandung banyak natrium dapat berguna dalam rehidrasi sehabis olahraga seperti yang disebutkan oleh studi yang dipublikasikan dalam The Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health tahun 2007. Studi ini meneliti 10 laki-laki sehabis berolahraga dimana dibagi menjadi 4 kelompok yaitu kelompok 1 hanya mengkonsumsi air biasa, kelompok 2 mengkonsumsi minuman elektrolit kelompok 3 mengkonsumsi air kelapa saja, dan kelompok 4 mengkonsumsi air kelapa yang mengandung banyak natrium.

Setelah dilakukan pemeriksaan 2 jam kemudian terlihat bahwa rehidrasi laing tinggi terjadi pada kelompok yang mengkonsumsi air kelapa dengan kadar natrium tinggi serta pada kelompok yang mengkonsumsi minuman elektrolit.

  • Kolesterol : Sebuah studi awal yang dilakukan pada tahun 2008 oleh para peneliti dari Food and Chemical Toxicology, berpendapat bahwa air kelapa mempunyai efek dalam pengobatan kolesterol. Studi dilakukan dengan membandingkan obat untuk kolesterol (lovastatin) dengan air kelapa pada mencit. Setelah 45 hari terlihat bahwa pada kedua kelompok terjadi penurunan jumlah kadar LDL (kolestrol jahat) dan peningkatan kadar HDL (kolestrol baik). Namun penelitian ini tidak melakukan pemeriksaan pada pasien dengan dasar penyakit kolestrol tinggi.

Nah, walau tidak banyak bukti pasti mengenai fungsi dari air kelapa untuk tubuh kita, namun jelas kadar elektrolit dalam air kelapa dapat membantu untuk menggantikan cairan yang keluar saat kita berolahraga, saat kita kepanasan, saat kita merasa haus, ditambah dengan kesegaran air kelapa, tentu air kelapa merupakan suatu jenis cairan yang patut kita coba!

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai topik ini, silakan ajukan pertanyaan Anda di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com di laman website kami.

Kolesterol Tinggi

Konsultasi Dokter Terkait