Sukses

Minyak Ikan Mencegah Berbagai Penyakit

Apakah Anda pernah mengkonsumsi minyak ikan? Apalagi saat ini telah banyak iklan atau slogan yang menyebutkan bahwa minyak ikan dapat mencegeah beberapa penyakit seperti penyakit jantung, stroke atau kanker. Apakah benar? Simak selengkapnya disini.
Oleh: dr. Dewi Ema Anindia
 
Ternyata komponen yang terkandung dalam minyak ikan yang disebut sebagai DHA (docosahexaenoic acid) telah lama disebutkan memiliki efek anti-inflamasi atau anti-peradangan, namun mengapa begitu?
 
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam The FASEB Journal, menunjukkan bahwa DHA merupakan suatu komponen yang penting dalam produksi sebuah molekul beranama ‘maresins’, yang berfungsi untuk ‘mematikan inflamasi’ seperti yang disebutkan oleh dr. Gerald Weissmann, MD, editor in chief dari jurnal The FASEB.
 
Untuk studi ini, para peneliti dari Harvard Medical School dan the Karolinska Institute menemukan bahwa jenis sel darah putih yang bernama ‘makrofag’ yang mengubah DHA menjadi maresins. Maresins lalu mengubah makrofag jenis inflamasi menjadi makrofag jenis non-inflamasi. Pada awal tahun ini juga telah diterbitkan sebuah jurnal yang menyebutkan bahwa DHA dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita dengan meningkatkan aktivitas dari sel B, yaitu jenis sel darah putih kita.
 
Kita dapat terkena inflamasi hampir setiap harinya yang kita tidak sadari, dimana dapat disebabkan oleh makanan atau lingkungan sekitar kita, seperti asap rokok, polusi, atau makanan tertentu. Beberapa penyakit juga disebutkan disebabkan oleh proses inflamasi yang kronis (lama) seperti kanker, diabetes mellitus, penyakit jantung, dan penyakit Alzheimer, tentu bahaya bukan?
 
Nah, selain dari jenis vitamin atau suplemen yang kita dapat konsumsi ternyata pola hidup juga sangat berpengaruh untuk mengurangi inflamasi dalam tubuh kita, seperti rajin berolahraga, maka mulai sekarang cobalah untuk memliki pola hidup sehat.
 
Lebih  jauh mengenai topik ini, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter di Klikdokter.com guna berkonsultasi kesehatan dengan tim dokter Klikdokter.com.[](EA).
 
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar