Sukses

Berhenti Merokok dengan Berpuasa

Merokok sendiri sudah diketahui sebagai salah satu faktor utama penyebab beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, penyakit obstruksi...

Klikdokter.com - Saatnya berhenti merokok dengan berpuasa! moment ini sangat tepat bagi perokok berat. Dengan puasa satu bulan penuh merupakan salah satu kesempatan untuk membantu mereka yang berniat menjalani hidup lebih sehat dengan berhenti merokok. Merokok sendiri sudah diketahui sebagai salah satu faktor utama penyebab beberapa penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, penyakit obstruksi kronis, dan gangguan kehamilan. Berikut beberapa alasan dan tips yang mendukung proses berhenti merokok di bulan Ramadhan:

  • Berpuasa adalah soal melatih nafsu dan pikiran. Dengan mengontrolnya, maka dunia ditangan kita. Berhenti merokok hanya seputar di urusan mengatur ‘sugesti’. Samakan kondisinya, jika Anda mampu menahan tidak merokok selama 14 jam dari terbit subuh hingga terbenamnya matahari, kenapa di malam hari tidak bisa?
  • Tingkatkan aktivitas olahraga. Lakukan olahraga ringan dengan porsi yang sesuai dan tidak terlampau memforsir tenaga. Lakukan dengan konsisten dan berkelanjutan.
  • Kurangi tidur larut malam. Biasanya faktor orang mudah merokok adalah tidur larut malam hingga begadang semalam suntuk. Akan kebih baik jika keadaan tidur larut malam diisi dengan kegiatan bermanfaat, seperti halnya beritikaf, tadarus ataupun meningkatkan ibadah. Daripada menyianyiakan merusak paru-paru kenikmatan sesaat yang hanya menjuruskan kepada kerugian.
  • Secara tidak langsung, dengan tidak merokok selama 14 jam di siang hari, maka kadar nikotin dan jumlah batang rokok yang dikonsumsi juga ikut berkurang. Hal ini sudah awal yang baik. Pertahankan di malam hari.

Selamat mencoba!

    0 Komentar

    Belum ada komentar