Sukses

4 Penyebab Berat Badan Naik Selama Puasa

Lho, puasa kok berat badan malah naik? Simak 4 penyebab utama kenaikan berat badan selama bulan puasa dari dr.Jessica Florencia disini.

Oleh: dr. Jessica Florencia

 
Pada saat menjalankan puasa, umat Muslim tidak memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, maka kecenderungan yang sering terjadi adalah kenaikan berat badan.
 
Bagaimana bisa kegiatan pengurangan makan dan minum selama 12 jam ternyata dapat  mencetus terjadinya kenaikan berat badan di bulan puasa? Hal ini disebabkan karena:
 
  1. Makanan pada saat sahur lebih sering terdiri dari makanan berat dengan kalori tinggi dan  tinggi karbohidrat.
  2. Makanan pada saat berbuka juga lebih sering makanan berat dengan kalori tinggi, tinggi karbohidrat, tinggi lemak dan jumlah yang banyak.
  3. Pada malam hari, setelah berbuka, seringkali dilanjutkan dengan mengkonsumsi camilan atau makanan penutup dengan kalori yang tinggi.
  4. Rendah konsumsi buah dan sayuran.
 
Alhasil, pada akhir bulan puasa, cukup banyak yang mengalami kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Nah, bagaimanakah solusinya? Simak artikel 7 Tips Anti Berat Badan Naik Ketika Bulan Puasa disini selengkapnya.
 
Lebih idealnya, konsultasikan kondisi yang ada dengan dokter sebelum berpuasa. Untuk kemudahan Anda, silakan menggunakan fitur Tanya Dokter untuk konsultasi dengan tim dokter Klikdokter.com.[](JF)
 
Source:
1. Qabbani B, Khalaf H. Fasting Tips for A Healthy Ramadan. The National. [available from:
http://www.thenational.ae/news/uae-news/fasting-tips-for-a-healthy-ramadan]

    0 Komentar

    Belum ada komentar