Sukses

Inilah Tanda-Tanda Pria Sehat

Hal-hal di bawah ini dapat menunjukkan apakah Anda termasuk pria yang sehat atau tidak.

Seiring dengan perkembangan zaman, berbagai informasi mudah untuk diperoleh, termasuk informasi kesehatan. Dampak baiknya, Anda mungkin juga semakin merasakan bahwa sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Terkait dengan hal itu, selama ini Anda mungkin hanya khawatir terhadap penyakit dan gejalanya. Padahal, mengenal tanda-tanda tubuh yang sehat juga sama pentingnya, lho.

Untuk itu, kenalilah tanda-tanda yang menunjukkan bahwa Anda termasuk pria sehat berikut ini:

1 dari 6 halaman

1. Berat Badan Ideal

Hal pertama yang bisa ditunjukkan oleh lelaki sehat adalah memiliki berat badan ideal. Pria biasanya menjaga berat badan dan bentuk tubuh dengan membentuk otot. Nah, berat badan ini mungkin menjadi hal yang paling sering Anda perhatikan.

Namun, pria yang sehat tidak hanya ditunjukkan lewat beratnya timbangan. Ada hal lain yang tidak kalah penting, yaitu indeks massa tubuh (IMT).

Artikel Lainnya: Tes Kesehatan yang Wajib Dilakukan Pria

Selain itu, perhatikan juga kadar lemak tubuh. Pria berusia di bawah 40 tahun dikatakan sehat apabila memiliki lemak tubuh 8-19 persen. Sementara untuk pria di atas 41 tahun, jumlah lemak tubuh idealnya berkisar 22 persen.

2. Dapat Menghasilkan 1 Sendok Teh Cairan Mani

Cairan mani dapat menjadi tolok ukur kasar kesuburan pria yang sekaligus menjadi tanda kesehatan seorang pria. Walaupun mengenai kualitas spermanya perlu pemeriksaan lebih lanjut.

Saat ejakulasi, pria dewasa normalnya dapat menghasilkan sedikitnya 2,5 ml cairan mani. Selain dari jumlah, Anda juga dapat melihat dari warna cairan semen yang dihasilkan. Pria yang sehat memiliki cairan semen berwarna putih keabuan dan kental.

Apabila Anda menemukan darah, cairan mani berwarna putih ataupun berbau, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2 dari 6 halaman

3. Denyut Jantung Normal

Cobalah mengukur denyut jantung Anda saat istirahat. Caranya adalah letakkan dua jari Anda pada pergelangan tangan di bawah ibu jari. Lalu, hitunglah jumlah denyutnya dalam satu menit.

Artikel Lainnya: Cara Menjadi Pria Perkasa

Denyut jantung pria sehat saat beristirahat adalah sekitar 70 kali per menit. Jumlah bisa kurang dari 70 kali jika Anda sering berolahraga secara rutin.

Apabila ketika istirahat, denyut jantung lebih dari 70 kali, sebaiknya Anda mulai melakukan latihan kardio agar jantung lebih sehat.

4. Kuku-Kuku Jari Terlihat Merah Muda dan Kuat

Para pria mungkin tidak terlalu memperhatikan bagian kukunya. Padahal, kuku merupakan indikator kesehatan yang baik.

Pria yang sehat memiliki kuku yang ideal, yaitu berwarna merah muda, kuat, dan permukaannya halus.

Apabila kuku Anda berwarna kuning, rapuh, dan permukaannya bergelombang, kemungkinan Anda memiliki masalah kesehatan. Sebaiknya konsultasikan kepada dokter untuk pemeriksaan lebih lengkap.

Selain itu, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kuku jari. Kuku yang kotor dan terlalu panjang pada pria akan mengganggu penampilan.

3 dari 6 halaman

5. Memiliki Elastisitas Kulit yang Baik

Kesehatan pria dapat ditunjukkan melalui kulit dan elastisitasnya. Meski para pria umumnya tidak acuh, kesehatan kulit penting untuk dijaga karena dapat menjadi ciri bahwa Anda sehat.

Artikel Lainnya: Jangan Salah, Ini Perawatan Wajah yang Tepat untuk Pria

Kulit yang sehat adalah kulit yang dapat mempertahankan elastisitasnya ketika dicubit. Namun, ketika kulit yang dicubit membutuhkan waktu lama untuk kembali ke posisi awal, kemungkinan besar Anda telah kehilangan cukup banyak cairan atau dehidrasi.

6. Warna Urine Jernih

Saat Anda sedang buang air kecil perhatikan warna urine Anda. Kondisi urine juga dapat menjadi indikator kesehatan, termasuk bagi kesehatan pria.

Warna urine memang dapat bervariasi tergantung dari jumlah atau jenis asupan yang dikonsumsi. Meski demikian, normalnya urine berwarna bening. Bila berwarna lebih gelap, mungkin Anda perlu menambah jumlah air yang diminum.

Selain dari warna, perhatikan juga apakah baunya menyengat, atau terdapat darah. Konsultasikan dengan dokter bila Anda mencurigai adanya kelainan.

4 dari 6 halaman

7. Teratur Buang Air Besar

BAB yang lancar dan teratur adalah salah satu tanda bahwa sistem pencernaan Anda sehat. Karena itu, rutinitas BAB dapat menjadi indikator kesehatan tubuh Anda.

Konsumsi makanan tinggi serat dan tercukupinya kebutuhan cairan harian bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga BAB pun lancar. Jika feses Anda terlalu keras atau lunak, periksalah asupan serat harian.

Artikel Lainnya: Menilik Frekuensi Ejakulasi yang Ideal bagi Pria untuk Jaga Kesehatan

8. Dapat Bangun Pagi Setiap Hari

Hal lain yang perlu diperhatikan sebagai indikator pria yang sehat adalah kemampuan untuk bangun di pagi hari. Meski tampak sepele, kebiasaan ini tidak mudah dilakukan oleh sebagian pria.

Istirahatlah yang cukup untuk tenaga yang lebih baik di siang hari. Apabila Anda cukup istirahat, tubuh akan berfungsi secara efektif. Anda dapat mudah bangun secara alami tanpa alarm, bahkan terbangun di waktu yang sama.

5 dari 6 halaman

9. Mental yang Sehat

Pria yang sehat juga harus memiliki mental yang sehat. Tanda mental yang sehat adalah ketika Anda merasa bahagia dan merasa penuh. Anda dapat beraktivitas dengan baik di lingkungan pekerjaan, keluarga, dan lingkungan sekitar serta menjalani hari dengan semangat.

10. Menyadari Kapan Harus Melakukan Cek Kesehatan

Perawatan medis lengkap seharusnya dilakukan secara rutin. Apabila Anda terlalu banyak menunda untuk menjalani pemeriksaan medis, di sinilah masalah muncul dengan tidak terduga.

Demikian beberapa tanda pria sehat. Jika Anda merasa kekurangan pada salah satu poin di atas, sudah saatnya membuat beberapa perubahan pada gaya hidup Anda.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar topik terkait ataupun masalah kesehatan lainnya, tanyakan saja kepada dokter lewat fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar