Sukses

Kepuasan Hidup Melindungi Dari Penyakit Jantung Koroner

Sebuah penelitian mengatakan, kepuasan hidup melindungi dari penyakit jantung koroner. Penelitian dilakukan hampir 8000 pegawai negeri di Inggris serta di terbitkan kemarin, di...

KlikDokter.com – Sebuah penelitian mengatakan, kepuasan hidup melindungi dari penyakit jantung koroner. Penelitian dilakukan hampir 8000 pegawai negeri di Inggris yang diterbitkan pada European Heart Journal. Depresi dan kecemasan memang telah dikenal sebagai faktor risiko terkena segala penyakit terutama penyakit jantung.

Para pegawai negeri sipil yang semuanya anggota Whitehall di Inggris dengan usia rata-rata 49 tahun, diberi pertanyaan sekitar tujuh soal dari kehidupan mereka sehari-hari seperti, hubungan cinta, kegiatan rekreasi, kehidupan keluarga, pekerjaan, seks, pertemanan dan diri sendiri. Mereka diminta untuk menilai kepuasan mereka sendiri  dalam setiap soal dari skala 1 (sangat tidak puas) sampai skala 7 (sangat puas). Lalu,  diberikan juga peringkat untuk setiap soal dengan memberi skor angka kepuasan rata-rata untuk kehidupan mereka sendiri secara menyeluruh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan hidup seseorang  lebih tinggi dari rata-rata terkait dengan risiko penyakit jantung koroner dalam keseluruhan. Sebuah perkiraan juga menunjukkan 13 persen orang yang mengidap penyakit jantung koroner  terkait dengan ketidakpuasannya dalam empat hal kehidupan yang dimilikinya, yaitu pekerjaan, keluarga, seks, dan dirinya sendiri. Dalam hal mengurangi risiko penyakit jantung koroner ditemukan baik pada pria maupun perempuan harus memiliki kepuasan dalam hidup mereka.

Menurut peneliti Dr. Julia Boehm dari Departemen Pembangunan dan Kesehatan Masyarakat, di Harvard, Amerika Serikat, mengatakan, “penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan hidup yang didapat seseorang dari pekerjaan, keluarga, seks, dan diri sendiri merupakan aset kesehatan yang sangat positif terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner. Semakin besar kepuasan, semakin besar perlindungannya.”[](SN

    0 Komentar

    Belum ada komentar