Kesehatan Umum

5 Cara Alami Melawan Migraine

Tim Redaksi KlikDokter, 19 Jun 2013

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Apakah anda pernah atau sering mengalami nyeri kepala sebelah atau lebih sering dikenal sebagai migraine? Migraine merupakan suatu kealainan neurologis yang ditandai dengan nyeri kepala satu sisi dengan intensitas nyeri sedang hingga berat.

5 Cara Alami Melawan Migraine

KlikDokter.com - Apakah anda pernah atau sering mengalami nyeri kepala sebelah atau lebih sering dikenal sebagai migraine?  Migraine merupakan suatu kealainan neurologis yang ditandai dengan nyeri kepala satu sisi dengan intensitas nyeri sedang hingga berat. Ciri khas dari migraine adalah nyeri kepala satu sisi, yang dapat terasa seperti berdenyut, berlangusng dan antara 2–72 jam.

Pada beberapa kasus migraine disertai pula oleh gejala mual, muntah, tidak tahan terhadap cahaya, tidak tahan terhadap suara, dan biasanya nyeri sering dipicu oleh aktivitas fisik. Pasti bila migraine yang sangat berat dan nyeri harus diobati dengan obat, namun ada beberapa cara alami yang anda dapat coba untuk melawan migraine, salah satunya adalah:

  1. Konsumsi vitamin - cobalah untuk konsumsi vitamin yang mengandung B2 (riboflavin) dan magnesium – beberapa data menunjukkan bahwa jenis vitamin ini dapat mengurangi nyeri kepala.
  2. Aromaterapi - terbutki dapat mengurangi ketegangan dari otot dan relaksasi dari tubuh
  3. Tidur yang cukup - Mayo Clinic menyebutkan bahwa migraine dipicu oleh kurangnya tidur, cobalah untuk tidur cukup setiap harinya
  4. Terapi panas - Coba untuk mandi dengan air panas, sebab air panas dapat memicu relaksasi dari otot-otot di badan
  5. Pola Makan - pola makan ternyata berpengaruh terhadap migraine, cobalah untuk makan secara teratur dan coba hindari makanan-makanan yang disebutkan dapt memicu migraine, seperti coklat, cafein, dan keju.

Ada satu lagi saran, cobalah untuk mengkonsumsi banyak air putih, karena ternyata migraine dapat dipicu oleh keadaan kurangnya air dalam tubuh kita yang kita tidak menyadari.

Apakah anda penderita migraine? Cobalah untuk mengikuti tips-tips diatas.[](EA)

Migrain

Konsultasi Dokter Terkait