Sukses

Sering Migrain Berisiko DVT

Orang yang sering migrain berisiko tinggi mengalami penggumpalan darah di tungkainya. Studi yang dilaporkan dalam jurnal Neurology itu mungkin bisa


Orang yang sering migrain berisiko tinggi mengalami penggumpalan darah di tungkainya. Studi yang dilaporkan dalam jurnal Neurology itu mungkin bisa menjelaskan kaitan antara orang yang sering migrain dan besarnya risiko stroke. Hal tersebut dibuktikan penelitian dr Stefan Kiechl dari Innsbruck Medical University di Austria.

Dalam studi itu, Kiechl dan rekan melibatkan 574 orang di Italia yang berusia 55 tahun atau lebih. Mereka menjalani pemeriksaan USG (ultrasonografi) leher dan paha untuk melihat proses kekakuan arteri.

Hasilnya, di antara 111 penderita migrain, 19 persen mengalami satu atau lebih penggumpalan pada kaki. Delapan persen kelompok bebas migrain tidak mengalaminya. Sayang, penelitian itu tidak bisa menjelaskan mengapa penderita migrain berisiko tinggi terkena stroke.

Penggumpalan darah pada tungkai dikenal sebagai deep vein thrombosis (DVT). DVT merupakan penyumbatan pembuluh darah dan mengakibatkan nyeri hebat. Penyumbatan tersebut mengakibatkan kematian jika sumbat pecah dan membuntu pembuluh darah vital di jantung atau paru-paru.

DVT menyerupai atherosclerosis atau penebalan arteri. 'Dugaannya seperti itu. Sebab, pengidap migrain berisiko lebih tinggi mengalami stroke dan gangguan kardiovaskuler lain. Sangat mungkin mereka juga mengalami atherosclerosis lebih dini dan parah,' ujar Kiechl.

Sumber : PP-PDPI.

    0 Komentar

    Belum ada komentar