Sukses

Nyeri Perut Tak Selalu Mag

rang yang sering mengalami mual dan nyeri perut biasanya langsung mengira sakit mag. Mereka lantas mencari obat mag yang dijual bebas.
Orang yang sering mengalami mual dan nyeri perut biasanya langsung mengira sakit mag. Mereka lantas mencari obat mag yang dijual bebas. Padahal, mual dan nyeri perut itu mungkin tidak disebabkan produksi asam lambung berlebih seperti sakit mag. Masalah di perut tersebut bisa jadi disebabkan kekurangan enzim.


"Saat ini, pemahaman masyarakat tentang enzim pencernaan dan fungsinya masih sangat rendah. Umumnya, masyarakat hanya mengaitkan masalah pencernaan dengan sakit mag," kata dr Ari Fahrial Syam SpPD KGEH MMB, staf Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM Jakarta, dalam press release PT Medifarma Laboratories, produsen suplemen Enzyplex.

Ari menerangkan, enzim bertanggung jawab menjaga kesehatan dan proses metabolisme di dalam tubuh. Kekurangan enzim bisa mengakibatkan tubuh mengalami gangguan pencernaan (maladigesti), selanjutnya mengakibatkan gangguan penyerapan (malabsorpsi).

Gejala malabsorpsi adalah kembung, nafsu makan menurun, diare, perut tidak nyaman, dan suara usus meningkat. "Salah satu solusinya adalah mengonsumsi suplemen enzim," paparnya. Enzim, lanjut Ari, merupakan protein berbentuk bundar yang diperlukan untuk semua reaksi kimia yang berlangsung di dalam tubuh. Sebagian kecil enzim diproduksi di kelenjar liur di mulut. Namun, kebanyakan enzim pencernaan diproduksi oleh kelenjar pankreas.

Ada dua golongan enzim. Yaitu, enzim pencernaan yang berfungsi sebagai katalisator dan enzim metabolisme yang bertanggung jawab menyusun, memperbaiki, dan membentuk kembali sel-sel dalam tubuh. Enzim pencernaan yang utama terdiri atas enzim protease (merombak protein), enzim lipase (merombak lemak), dan enzim amilase (merombak hidrat arang).

"Jika tubuh kekurangan enzim, perut mudah berontak saat mengonsumsi makanan tertentu."   

Sumber : Jawa Pos - PDPI Malang.

    0 Komentar

    Belum ada komentar