Sukses

Mastektomi Untuk Cegah Kanker Payudara

Dengan melakukan pemeriksaan genetik, kita dapat mengetahui apakah kita memiliki mutasi gen yang meningkatkan risiko kanker payudara serta kanker ovarium. Mastektomi ganda sebagai tindakan pencegahan (preventif) seperti yang dilakukan oleh Angelina Jolie dapat menjadi pertimbangan bila terdapat riwayat keluarga dengan kanker yang sangat kuat dan/atau apabila pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA1/2...

Oleh: dr. Puti Naindra Alevia

KlikDokter.com - Dengan melakukan pemeriksaan genetik, kita dapat mengetahui apakah kita memiliki mutasi gen yang meningkatkan risiko kanker payudara serta kanker ovarium. Mastektomi ganda sebagai tindakan pencegahan (preventif) seperti yang dilakukan oleh Angelina Jolie dapat menjadi pertimbangan bila terdapat riwayat keluarga dengan kanker yang sangat kuat dan/atau apabila pemeriksaan genetik menunjukkan adanya mutasi gen BRCA1/2. Pemeriksaan genetik ini tidak rutin dilakukan dan saat ini hanya disarankan untuk perempuan dengan riwayat keluarga yang mengindikasikan kemungkinan adanya mutasi gen.

Perlu diketahui bahwa pada umumnya, seorang perempuan memiliki risiko kanker payudara sebesar 12% dan kanker ovarium sebesar 1%. Karena itu hal yang paling penting adalah menurunkan risiko tersebut dengan cara:

  • Menjalani pemeriksaan skrining secara teratur: pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) setiap bulan pada hari 7 – 10 siklus menstruasi. pemeriksaan payudara oleh dokter, dan mammogram
  • Menjaga berat badan dan berolahraga: pilih makanan yang sehat, lakukan aktivitas fisik rutin.
  • Ketahui riwayat keluarga dengan kanker payudara
  • Ketahui risiko dan keuntungan terapi penggantian hormon (beberapa perempuan melakukan terapi ini untuk mengatasi gejala menopause. Tanyakan kepada dokter mengenai risiko dan keuntungannya serta apakah terapi tersebut tepat untuk kasus.
  • Kurangi jumlah konsumsi alkohol.

Cerita Angelina Jolie setidaknya meningkatkan kesadaran perempuan mengenai risiko kanker payudara dan berbagai pilihan yang dapat diambil untuk mencegah atau menanganinya. Yang tidak kalah penting, adalah pernyataannya bahwa payudara tidak mendefinisikan kewanitaannya. Perempuan tetap perempuan tanpa payudara alami. Perempuan tetap perempuan tanpa payudara sama sekali.[](PNA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar