Sukses

Air Sanitasi dan Kesehatan

Untuk memberikan jumlah air bersih yang cukup, dan untuk melindungi sumber air dari kontaminasi. Minimal 15 liter per orang per hari harus disediakan sesegera mungkin...

Klikdokter.com - Apa sajakah tindakan yang harus dilakukan berkaitan dengan air, sanitasi dan kesehatan?

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, Prioritas pertama adalah untuk memberikan jumlah air bersih yang cukup, dan untuk melindungi sumber air dari kontaminasi. Minimal 15 liter per orang per hari harus disediakan sesegera mungkin. Selama keadaan darurat, orang mungkin menggunakan sumber air yang tidak diobati untuk mencuci, mandi, dll. Perbaikan kualitas air dapat dilakukan selama hari atau minggu berikutnya.

Risiko kesehatan utama yang timbul setelah bencana adalah pembuangan tinja yang tidak memadai. Dimana struktur sanitasi normal telah rusak atau hancur. Adalah penting untuk segera menyediakan fasilitas toilet sementara dan perlu semakin ditingkatkan atau diganti ketika situasi sudah mulai berkembang.

Setelah terjadinya kerusakan pada sistem yang ada, atau ketika bagian kota yang menampung sejumlah besar pengungsi atau tunawisma, sehingga mengakibatkan peningkatan tekanan pada fasilitas yang mungkin sudah di bawah tekanan, penilaian cepat harus dilakukan terhadap kerusakan dan kebutuhan yang diperlukan untuk memutuskan apa tindakan darurat berikutnya.

Dalam situasi jangka panjang atau setelah masa darurat awal telah mereda, mungkin lebih praktis untuk membangun jamban sederhana, kakus (Ventilated Improved Pit. Dalam situasi di mana tanah berbatu atau air tanah sangat dekat dengan permukaan, dapat dibangun platform yang sudah ditinggikan. Jamban harus benar-benar dibersihkan. Tanggung jawab untuk membersihkan dan memelihara kakus harus jelas disosialisakan. Untuk jamban kolektif mungkin perlu untuk mempekerjakan seseorang untuk perawatan.

Respons langsung juga harus dilakukan dalam hal membangun atau memperkuat layanan limbah evakuasi, untuk membersihkan selokan yang tersumbat atau untuk mengosongkan jamban di daerah pinggir kota. Setiap upaya harus dilakukan guna memungkinkan masyarakat untuk menggunakan toilet yang ada, melalui perbaikan sementara untuk selokan rusak dan pengerjaan pengolahan limbah.

Dalam semua kasus, praktik kebersihan yang baik sangat penting untuk mencegah penularan penyakit. Air harus disediakan dalam jumlah yang cukup untuk memungkinkan kebersihan yang layak. Tangan harus dicuci segera setelah buang air besar, setelah memegang kotoran bayi, sebelum menyiapkan makanan dan sebelum makan.[]

    0 Komentar

    Belum ada komentar