Sukses

Tips Sahur yang Sehat agar Kuat Puasa Seharian

Sahur merupakan amunisi Anda untuk memulai hari saat menjalankan ibadah puasa. Ini tips sahur sehat untuk Anda dan keluarga.

Sahur adalah salah satu bagian penting dari berpuasa, terutama saat bulan Ramadan. Aktivitas ini akan memberikan Anda asupan energi untuk menjalankan ibadah puasa.

Jika Anda tidak sahur, tentu saja tubuh akan menjadi lemas, sulit berkonsentrasi, dan efek lainnya. Untuk itu, kenali manfaat sahur dan tips sahur sehat agar puasa Anda selalu lancar!

1 dari 3 halaman

Manfaat Sahur

Sahur adalah aktivitas makan yang dilakukan pada dini hari sebelum memulai puasa. Meski bangun sahur kadang terasa merepotkan, sebaiknya Anda tidak melewatkan waktu ini. Karena sahur akan memberikan Anda asupan energi untuk menjalankan puasa. 

Selain untuk menyediakan energi, sahur juga dapat mencegah dehidrasi. Tanpa sahur, kebutuhan cairan tubuh sulit tercukupi dengan baik. Akibatnya saat berpuasa, Anda akan mengalami dehidrasi, yang ditandai dengan rasa haus berlebih, lemas, kurang konsentrasi, dan bibir kering. 

Sahur juga dapat menghindarkan Anda dari maag. Lambung yang kosong dalam jangka waktu terlalu lama, akan meningkatkan kadar asam lambung dan memicu gejala maag. Contoh gejala maag adalah perut kembung, nyeri ulu hati, mual, sering sendawa, dll. 

Artikel lainnya: Pilihan Makanan Sehat untuk Sahur Pertama Saat Puasa Ramadan

2 dari 3 halaman

Tips Sahur Sehat

Agar kuat dalam menjalankan puasa, tentunya nutrisi saat sahur harus diperhatikan. Nah, apa saja makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat sahur? Bagaimana cara sahur yang sehat? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Menu sahur sehat harus terdiri dari karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga tubuh akan mendapatkan energi untuk waktu yang lama dan Anda tidak akan mudah lapar. Contoh karbohidrat kompleks adalah nasi merah, roti gandum, dan oat. 

Lain halnya apabila Anda makan karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti tawar putih, atau gula pasir. Karena semua karbohidrat sederhana ini mudah dicerna, kadar gula darah akan cepat naik dan Anda akan mudah lapar kembali. Makanan-makanan seperti ini juga sebaiknya dihindari oleh diabetesi.

  1. Masukkan Sayur dan Buah ke Dalam Menu

Selain karbohidrat kompleks, saat sahur juga disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Karena banyak mengandung serat, konsumsi buah dan sayur dapat membantu mempertahankan rasa kenyang dan mencegah terjadinya konstipasi. 

Artikel lainnya: Telat Bangun Sahur? Ini Resep Praktis & Sehat agar Puasa Lancar

Selain itu, mereka juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya Anda mengonsumsi sayur dan buah dalam bentuk utuh atau tidak dalam bentuk jus, karena bila diminum dalam bentuk jus, akan mengurangi nutrisi yang terkandung di dalamnya.

  1. Jangan Lupakan Protein

Jangan lupa untuk mengonsumsi protein yang baik, seperti ayam tanpa kulit, ikan, serta produk susu rendah lemak. Protein berguna untuk mempertahankan rasa kenyang yang lama. 

Selain itu, protein juga digunakan untuk memperbaiki dan membangun jaringan tubuh serta meningkatkan sistem imun tubuh. Mengonsumsi produk susu yang tinggi kalsium juga akan membantu menguatkan tulang.

Artikel lainnya: Jangan Lewatkan Sahur, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

  1. Penuhi Kebutuhan Air dan Mineral Tubuh

Air adalah komponen penting yang tidak boleh terlewatkan saat sahur. Air diperlukan tubuh untuk menjalankan fungsinya, sehingga Anda menjadi lebih berenergi atau tidak mudah lemas saat berpuasa. 

Jadi, minumlah air yang cukup saat sahur guna mencegah dehidrasi yang sering terjadi saat berpuasa. Hindari air yang mengandung gula seperti jus kemasan atau minuman bersoda karena konsumsi secara berlebihan akan menaikkan berat badan.

Sahur adalah salah satu hal penting yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda sedang menjalani puasa. Dengan sahur, Anda akan menyediakan energi yang dibutuhkan tubuh sehingga dapat berfungsi dengan baik selama berpuasa. 

Pilihlah menu sahur yang sehat, bergizi seimbang, dan dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk minum air putih yang cukup sebelum berpuasa.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar tips sahur sehat, dapat berkonsultasi secara online dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat yang tersedia di aplikasi KlikDokter. 

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar