Sukses

Manfaat Senam Tai Chi untuk Penderita Penyakit Parkinson

Tidak disangka, gerakan pada senam tai chi ternyata bisa membantu meningkatkan fungsi keseimbangan tubuh. Manfaat ini juga bisa dirasakan oleh penderita parkinson, lho!

Parkinson adalah salah satu penyakit kelainan sistem saraf yang bersifat progresif dan memengaruhi pergerakan. Pada tahun 2016, terdapat 6,1 juta pasien parkinson di seluruh dunia. 

Di Indonesia sendiri, data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2002 mengatakan bahwa terdapat sekitar 876.665 orang yang terdiagnosis parkinson. Jumlah tersebut diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya. 

Orang yang telah mengalami penyakit parkinson biasanya akan mengalami gejala berupa pergerakan yang sangat lambat (bradykinesia) dan tremor. Selain itu, parkinson juga membuat penderitanya mengalami gangguan keseimbangan yang parah.

Tentu saja, gejala-gejala yang terjadi akibat penyakit parkinson bisa sangat mengganggu bahkan menurunkan kualitas hidup penderitanya. Lantas, harus bagaimana? Adakah cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala-gejala tersebut?

Ada! Jawabannya adalah dengan senam tai chi. Beberapa penelitian mengenai gerakan tai chi untuk kesehatan menyebutkan bahwa jenis senam tradisional ini dapat membantu mengatasi gangguan keseimbangan tubuh.

Artikel Lainnya: Seks Bisa Ringankan Gejala Parkinson?

1 dari 3 halaman

Mengenal Tai Chi

Tai chi merupakan salah satu kesenian bela diri yang berbasis pada keseimbangan tubuh. Latihan ini terdiri dari gerakan yang lembut, berjalan sesuai dengan irama, dan mendorong keseimbangan serta fleksibilitas tubuh. 

Di negara asalnya, yaitu di Cina, tai chi memberikan beberapa manfaat seperti memperlambat penuaan, meningkatkan fleksibilitas, menurunkan stres, dan meningkatkan kekuatan otot.

Tidak hanya sebatas itu, tai chi juga sering dijadikan cara alami untuk menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi, gangguan pencernaan, meredakan peradangan sendi (arthritis) hingga gangguan saraf seperti penyakit parkinson.  

Artikel Lainnya: Penyakit Parkinson, Bisakah Menyerang Anak?

2 dari 3 halaman

Mengatasi Gangguan Keseimbangan Penderita Parkinson dengan Tai Chi

Kesulitan berjalan dan berdiri atau ketidakstabilan postural merupakan akibat yang ditimbulkan dari penyakit parkinson. Pasalnya, penyakit tersebut mengakibatkan kematian sel-sel otak yang menghasilkan kimia dopamin.

Guna menekan laju perburukan kondisi akibat parkinson, penelitian yang dilakukan oleh Fuzhong Li dan dipublikasikan New England Journal of Medicine mengatakan bahwa tai chi adalah jenis olahraga yang sangat cocok untuk dilakukan secara rutin dan teratur.

Penelitian tersebut mengatakan bahwa melakukan latihan tai chi sebanyak 2 kali dalam seminggu selama 6 bulan memberikan manfaat positif berupa meningkatnya stabilitas postural dan menurunnya risiko jatuh. Dalam 3 bulan awal, manfaat dari latihan tai chi sudah mulai terlihat.

Manfaat tersebut bisa dirasakan karena latihan tai chi dirancang untuk meningkatkan keseimbangan dengan perpindahan pusat massa yang terkontrol. 

Tak heran, penelitian menyimpulkan bahwa gerakan lambat yang terkendali dari tai chi dapat membantu mengurangi gangguan keseimbangan pada penderita penyakit parkinson ringan atau sedang.

Artikel Lainnya: 7 Olahraga Ini Cocok untuk Penderita Parkinson

Kendati demikian, latihan tai chi tidak bersifat menyembuhkan. Jenis latihan ini hanya membantu menstabilkan keseimbangan tubuh penderita parkinson guna mengurangi risiko terjatuh. 

Dengan kata lain, tai chi hanya mengurangi keparahan gejala dan tidak menyembuhkan penyakit. Walau begitu, melakukan latihan tai chi secara rutin tetap bisa membantu meningkatkan kualitas hidup penderita parkinson.

Tai chi terbukti dapat dijadikan salah satu terapi untuk membantu mengatasi gangguan keseimbangan tubuh akibat penyakit parkinson. Bagi penderita parkinson derajat ringan atau sedang yang tertarik melakukannya, jangan sungkan untuk terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter spesialis saraf yang merawat Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai manfaat tai chi untuk kesehatan, jangan sungkan untuk bertanya pada dokter melalui aplikasi LiveChat 24 jam di Aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar