Sukses

Kebersihan Gigi Menurunkan Resiko Pneumonia

Penyakit pernapasan akibat infeksi kuman di paru-paru atau pneumonia, diperkirakan diawali oleh berkembang biaknya bakteri dan kuman yang tidak terkontrol dalam mulut...

Klikdokter.com - Penyakit pernapasan akibat infeksi kuman di paru-paru atau pneumonia, diperkirakan diawali oleh berkembang biaknya bakteri dan kuman yang tidak terkontrol dalam mulut sehingga kebersihan gigi dan gusi menjadi faktor penting dalam menurunkan resiko terserang pneumonia menurut hasil penelitian para ilmuwan dari Yale University, Amerika Serikat.

Berdasarkan penelitian terhadap 37 pasien pneumonia selama sebulan, terlihat terjadinya perubahan komposisi bakteri dalam mulut secara siknifikan semenjak awal berkembangnya pneumonia di area pernapasan mereka. Hal ini membawa konklusi tersendiri bagi pimpinan penelitian, Dr. Samit Joshi bahwa dengan menemukan hal ini, sudah selayaknya kita dapat mencegah pneumonia dikemudian hari dengan menjaga bakteri dalam mulut, seperti dilansir dalam dailymail health (28/12).

Dengan demikian penelitian yang dipresentasikan di The Infectius Disease Society of America ini mendukung hasil penelitian sebelumnya yang menghubungkan bahwa segala macam penyakit pernapasan akibat infeksi bakteri dikarenakan terhubungnya pernapasan dengan mulut dan tenggorokan yang memungkinkan masuk ke dalam paru-paru, akibat terdapatnya kerusakan pada gusi dan gigi.

Bahkan sejalan dengan hasil penemuan terakhir dari The British Dental Health Foundation yang mengungkapkan bahwa kebersihan gigi, gusi dan mulut mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini membawa kita pada pemikiran bahwa segala macam pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Untuk itu, sudahkah Anda membersihkan gigi ke dokter gigi?[](E)

    0 Komentar

    Belum ada komentar