Sukses

Pisang dan Pil Kalium

Kalium memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, fungsi saraf dan otot. Potasium dan sodium bekerja sama dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh...

Klikdokter.com - Kalium memainkan peran penting dalam mengatur tekanan darah, fungsi saraf dan otot. Potasium dan sodium bekerja sama dalam tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan dalam sel tubuh kita. Pisang merupakan salah satu sumber makanan kalium. Orang dewasa yang sehat membutuhkan sekitar 4.700 miligram potasium setiap harinya, tetapi beberapa orang, termasuk atlet dan orang-orang yang sedang menjalani pengobatan tertentu, mungkin membutuhkan lebih. Kebanyakan orang memperoleh kalium yang mereka butuhkan dari makanan dalam diet mereka, tetapi beberapa orang perlu mengkonsumsi suplemen kalium.

Kalium di Pisang. Satu pisang ukuran sedang mengandung sekitar 422 miligram potassium. Jika pisang adalah satu-satunya sumber kalium kita, maka kita harus mengkonsumsi 11 buah pisang dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan kalium harian. Untungnya, ada makanan lain yang juga mengandung kalium. Selain potasium, pisang mengandung serat dan vitamin C dan pisang bebas lemak dan bebas kolesterol. Pisang mudah untuk dikonsumsi, membuat pisang sebagai makanan yang nyaman. Dan pisang juga selalu tersedia sepanjang tahun.

Pil Kalium. Suplemen kalium dalam bentuk pil, dijual dalam berbagai nama merek, sebagai contoh, K-tab, memberikan 750 miligram kalium klorida per pil, atau setara dengan sekitar satu setengah pisang. Dokter biasanya meresepkan suplemen kalium ketika pasien tidak bisa mendapatkan kalium yang memadai dalam makanan mereka atau ketika pasien sedang melakukan pengobatan lain yang menghabiskan kalium dari makanannya, seperti pengobatan diuretik. Beberapa orang mendapatkan efek samping saat menggunakan pil kalium, seperti sakit perut.

Sumber kalium lainnya. Diet yang kaya akan berbagai jenis buah-buhan dan sayuran adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan kalium yang memadai dalam diet Anda. Anda tidak harus makan pisang hanya untuk mendapatkan kalium yang Anda butuhkan. Misalnya, kentang panggang tunggal berisi 620 miligram potasium. Secangkir yogurt tanpa lemak memberi Anda 579 miligram, dan 3 ons tuna sirip kuning yang dimasak memberikan 484 miligram. Jeruk, tomat, bayam dan wortel juga merupakan sumber potasium yang baik.

Pertimbangan lain. Seorang dokter, seperti dilansir dari livestrong, senin (30/02/2012), mungkin akan mendorong Anda untuk mencoba mendapatkan kalium yang memadai dari buah-buahan dan sayuran segar, termasuk pisang, sebelum Anda beralih ke suplemen kalium. Anda mungkin ingin berkonsultasi dengan ahli gizi yang dapat membantu Anda membuat perencanaan makanan yang sesuai dengan gaya hidup Anda, yang dapat memberikan nutrisi yang Anda butuhkan secara tepat. Hal ini bisa berarti makan lebih banyak pisang, tetapi juga bisa berarti menambahkan makanan lain seperti kentang dan jus jeruk untuk diet Anda. Pil kalium harus menjadi pilihan terakhir, dan gunakan hanya di bawah pengawasan dokter.[BA]

    0 Komentar

    Belum ada komentar