Sukses

Atasi Depresi

Maraknya persaingan secara global memberikan dampak siknifikan terhadap mental manusia secara keseluruhan. Salah satunya adalah depresi....

Klikdokter.com - Maraknya persaingan secara global memberikan dampak siknifikan terhadap mental manusia secara keseluruhan. Salah satunya adalah depresi. Untuk beberapa orang, gangguan medis ini seringkali tidak disadari hingga mempengaruhi berbagai macam masalah emosional dan fisik yang mempengaruhi aktifitas keseharian mereka.

Depresi sendiri sebenarnya bukan masalah personal yang negatif, melainkan suatu gangguan kesehatan yang dapat diobati dan dialami siapa saja apabila membiarkan keadaan sedih dan pemikiran berkelanjutan. Sehingga tidak jarang mereka yang merasa mengalami gangguan-gangguan kesehatan seringkali tidak menemukan penyebab yang jelas saat memeriksakan diri ke dokter dikarenakan gangguan tersebut berasal dari drepresi.

Beberapa gejala fisik yang terjadi saat seseorang mengalami depresi antara lain adalah:

  • Penurunan energi dan kelelahan;
  • Insomnia, khususnya terbangun tengah malam;
  • Tidur berlebihan;
  • Mengalami sakit ataupun nyeri di tempat tertentu secara terus menerus;
  • Sakit kepala, kram dan masalah pencernaan.

Gejala-gejala ini yang kerap kali membingungkan, karena apabila dicek secara fisik, mereka tidak mengalami gangguan kesehatan secara langsung, namun lebih dikarenakan efek dari depresi itu sendiri. Sangatlah lebih baik untuk memperhatikan gejala-gejala tersebut agar dapat ditanggulangi sedini mungkin sebelum mempengaruhi aktifitas hidup lebih buruk lagi. Meskipun obat anti depressant banyak beredar, namun ada baiknnya untuk melihat alternatif lainnya seperti melakukan:

  • Konseling pribadi maupun berkelompok, sehingga mampu membantu dalam memnyelesaikan masalah.
  • Berolah raga atau latihan secara fisik, mampu meningkatkan endorphins yang berfungsi untuk meningkatkan mood dalam otak.
  • Beberapa terapi yang dipercaya efektif, seperti terapi cahaya, terapi mengelus binatang peliharaan, dan terapi-terapi magnetic lainnya.[](E)

    0 Komentar

    Belum ada komentar