Sukses

Rajin Ke Dokter Gigi Mengurangi Resiko Jantung

Apakah Anda termasuk rajin membersihkan karang gigi 2 kali setahun ke dokter gigi? Kalau jawaban...

Klikdokter.com - Apakah Anda termasuk rajin membersihkan karang gigi 2 kali setahun ke dokter gigi? Kalau jawaban Anda adalah iya, maka Anda telah menurunkan 24% resiko terkena serangan jantung dan 13 % penurunan resiko terserang stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah ke dokter gigi atau hanya ke dokter gigi sekali per dua tahun.

Penemuan data ini dikemukakan oleh para peneliti dari Taiwan yang di presentasikan dalam pertemuan tahunan the American Heart Association, Orlando, Amerika Serikat hari minggu kemarin (13/11) seperti dilansir dalam USA Today. Penelitian ini dilihat dari 100.000 orang tanpa latar belakang gangguan jantung selama rata-rata 7 tahun, dan mereka yang rajin ke dokter gigi untuk melakukakan pembersihan karang gigi atau biasa disebut tooth scaling paling tidak dua kali setahun selama dua tahun, mengalami penurunan resiko serangan jantung sebesar 24% dan stroke sebesar 13%.

Hasil dari penelitian ini sejalan dengan hasil penelitian sebelumnya di Sweden yang mengemukakan bahwa jenis penyakit periodontal dan bakteri yang berkembang selanjutnya dalam mulut diperkirakan memberikan resiko dalam serangan jantung, stroke dan gagal jantung.

Bahkan Dr. Emily (Zu-Yin) Chen selaku rekan kardiologi di Veterans General Hospital, Taipei, turut menjelaskan bahwa pembersihan karang gigi secara profesional telah mampu mengurangi pertumbuhan bakteria yang menyebabkan peradangan dan mempunyai kemampuan dalam mengarah pada perkembangan penyakit jantung atau stroke.

Namun sayangnya hasil dari penelitian ini tidak memberikan perbandingan pada faktor-faktor yang mempengaruhi resiko gangguan jantung lainnya seperti merokok, obesitas, dan ras, dikarenakan hal tersebut tidak termasuk didalam database Taiwan National Health Insurance. Meskipun demikian, hal ini menjadi penting untuk dipahami setiap insan dalam menjaga kesehatan, khususnya kesehatan jantung, juga memerlukan perhatian khusus dalam menjaga kesehatan gigi kita.[](E)

    0 Komentar

    Belum ada komentar