Sukses

Flu Babi Sebabkan 39 Bayi Sekarat

Sebuah penelitian di Oxford University, Inggris oleh bagian National Perinatal Epidemiology mengemukakan resiko kematian yang tinggi dihadapi bayi dalam kandungan...

Klikdokter.com - Sebuah penelitian di Oxford University, Inggris oleh bagian National Perinatal Epidemiology mengemukakan resiko kematian yang tinggi dihadapi bayi dalam kandungan terhadap virus flu H1N1 atau biasa disebut dengan flu babi. Virus ini dapat mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan meninggal atau bahkan meningkatkan resiko kelahiran premature dibandingkan dengan para ibu yang tidak terjangkit.

Perbandingan yang ditemukan adalah dari 1000, 39 bayi dalam keadaan sekarat baik sebelum maupun setelah kelahiran. Berbanding terbalik dengan kelahiran 1000 bayi dari ibu yang tidak terinfeksi, hanya terdapat 7 kasus bayi sekarat.

Dr Marian Knight selaku pimpinan penelitian ini mengungkapkan pentingnya vaksinasi terhadap flu sebagai pencegahan terbaik dalam melindungi ibu maupun calon bayi. Sehingga penemuan akan bahaya virus H1N1 terhadap kehamilan ini menjadi peringatan keras terhadap seluruh wanita hamil dimana secara umum, masih banyak orang yang tidak akan menyangka flu mampu beresiko lebih, ungkap Janet Scott dari Sands (Stillbirth and Neonatal Death Society) yang sangat prihatin mengenai penemuan ini terhadap dampak kematian bayi dalam kandungan.

Hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap 256 ibu yang terinfeksi virus flu H1N1 antara September 2009 sampai Januari 2010 ini juga mampu menarik perhatian direktur imunisasi Departemen Kesehatan Inggris, Professor David Salisbury, yang juga bekerja pada organisasi kesehatan dunia WHO, The Global Programme for Vaccines dalam mendesak semua wanita hamil untuk mendapatkan suntikan vaksinasi flu. Diharapkan Indonesia juga turut mencanangkan keharusan vaksinasi flu pada ibu hamil.[](E)

    0 Komentar

    Belum ada komentar