Sukses

Hiu Sembuhkan Hepatitis C

Penderita Hepatitis C kemungkinan besar akan tertolong oleh salah satu ikan vertebrata yang menguasai perairan dalam lautan yaitu...

Klikdokter.com - Penderita Hepatitis C kemungkinan besar akan tertolong oleh salah satu ikan vertebrata yang menguasai perairan dalam lautan yaitu ikan Hiu. Dengan diketemukannya Squalamine, senyawa anti bodi berspektrum luas dalam hati ikan hiu oleh Michael Zasloff MD, PhD, dari Universitas Georgetown Medical Center, Washington hampir 20 tahun lalu.

Selain sebagai anti bodi, Squalamine juga telah terbukti sebagai anti angiogenesis, yaitu proses dimana sistem kekebalan tubuh menjadi mampu melawan angiogenesis yang terjadi dalam tubuh secara alami dikarenakan oleh sel-sel tidak sehat yang mengembangkan struktur pembuluh darah sendiri. Namun ternyata penelitian mengenai kegunaan Squamaline tidak terhenti begitu saja.

Penelitian terakhir yang dilakukan oleh Zasloff, meskipun belum diterapkan kedalam tubuh manusia, menunjukkan sifat antivirus dimana Squalamine bertindak secara aktif melawan virus-virus yang menyerang sel-sel dalam hati dan darah termasuk virus hepatitis B, C, D, sakit kuning dan demam berdarah.

Zasloff juga mengungkapkan bahwa squalamine dapat bertindak cepat dalam menghentikan penggandaan virus dengan membersihkan bagian tubuh yang terserang virus hanya dalam waktu beberapa jam saja, seperti dilansir dalam artikel WebMD.

Kabar ini memberikan harapan baru bagi penderita hepatitis C dimana hingga kini belum tersedianya vaksinasi khusus dalam mencegah Virus Hepatitis C (HVC) yang mampu berkembang biak mencapai 10 triliun kopi virus perhari tanpa terdeteksi yang menyebabkan penderita sudah mengalami kerusakan tidak terobati pada hati pada saat ditemukan.[](EDA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar