Sukses

Fungsi Memori Dengan Latihan Fisik

Mengantisipasi penurunan fungsi memori dengan latihan fisik akibat penyakit Alzheimer selama ini diyakini dapat dilakukan dengan cara latihan otak...

Klikdokter.com - Mengantisipasi penurunan fungsi memori dengan latihan fisik akibat penyakit Alzheimer selama ini diyakini dapat dilakukan dengan cara latihan otak, diantaranya seperti permainan teka-teki silang, kartu, catur maupun permainan dengan interaksi sosial lainnya. Namun kini berdasarkan temuan beragam studi yang meneliti hubungan latihan fisik dengan pemeliharaan memori telah memberikan poin solusi terbaru dalam hal antisipasi masalah penurunan fungsi memori akibat Alzheimer tersebut.

Pada salah satu studi yang dilakukan selama 6 tahun dan mengambil perhatian observasi kepada 1.740 perempuan serta pria sebagai peserta studi, dengan rata-rata 65 tahun dan lebih, dengan catatan tidak mengalami gangguan fungsi kognitif, menemukan risiko terjadinya demensia menurun sebanyak 38% pada partisipan yang melakukan fisik sebanyak 3 kali atau lebih dalam sepekan. Hasil tersebut menang jauh dibandingkan kelompok partisipan yang melakukan latihan kurang dari 3 kali dalam sepekan.

Pada lain kesempatan, terdapat hasil sebuah studi yang telah diterbitkan di Journal of the American Medical Association yang mengemukakan sebuah laporan yang memperlihatkan secara signifikan perbedaan yang mengesankan antara pria dan wanita berusia diatas 50 tahun yang melakukan latihan fisik dan tidak melakukan latihan fisik dalam hubungan risiko penurunan memori dan kemampuan kognisi.

Tidak hanya sampai pada aspek pemeliharaan kemampuan fungsi memori dan penundaan demensia, sebuah studi lainnya menunjukkan hasil senada berupa laporan dampak dari latihan fisik pada pemeliharaan fungsi mental pula.

Kini jangan ragu untuk mengajak kolega yang kita sayangi dan berusia lanjut untuk mengikuti latihan fisik yang sesuai dengan usianya guna mendapatkan tiga manfaat pemeliharaan kesehatan aspek pikiran, fisik dan mental dengan bonus quality time lebih banyak dengan mereka.[](DA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar