THT

Mengenal Penyakit Vertigo

Tim Redaksi KlikDokter, 18 Sep 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Vertigo atau yang disebut juga dizziness dan giddiness adalah gejala pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat.

Mengenal Penyakit Vertigo

Apa Itu Vertigo? 

Vertigo atau yang disebut juga dizziness dan giddiness adalah gejala pusing yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat. Vertigo bisa ditandai dengan rasa pusing seperti kepala berputar dan penglihatan terbalik. Akibatnya penderita mengalami rasa pusing yang sangat mengganggu dan tidak akan mampu bangun karena rasa pusingnya.

Vertigo bisa berlangsung hanya beberapa saat atau bisa berlanjut sampai beberapa jam bahkan hari. Penderita kadang merasa lebih baik jika berbaring diam, tetapi vertigo bisa berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Benign Paroxysmal Positional Vertigo

Jenis vertigo yang sering ditemui adalah benign paroxysmal positional vertigo, dimana akan terjadi secara mendadak dan berlangsung kurang dari satu menit. Perubahan posisi kepala, biasanya terjadi ketika penderita berbaring, bangun, berguling diatas tempat tidur atau menoleh ke belakang, yang biasanya memicu terjadinya vertigo selanjutnya.

Penyebab Vertigo adalah oleh adanya endapan kalsium di dalam salah satu kanal semisirkularis di dalam telinga bagian dalam. Vertigo jenis ini mengerikan, tetapi tidak berbahaya dan biasanya menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu atau bulan. Serta tidak disertai hilangnya pendengaran maupun telinga berdenging.

Vertigo bisa disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri. Vertigo juga bisa berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.

Penyebab umum dari vertigo: bisa dari lingkungan (mabuk darat atau laut), obat-obatan (alkohol), kelainan sirkulasi atau gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah ke salah satu bagian otak, kelainan di telinga, dan tumor otak.

Kamu juga bisa konsultasi seputar penyebab vertigo atau kondisi medis lainnya lewat fitur tanya dokter online di KlikDokter. Yuk, mulai sekarang #JagaSehatmu dengan download aplikasi KlikDokter untuk mengikuti informasi seputar kesehatan terkini.

(SN)

 

Vertigo