Sukses

Tips Diabetesein Selama Ramadhan

Selama berpuasa, terjadi perubahan pola makan dari 3 kali makan utama menjadi 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka, akan tetapi...

Klikdokter.com - Dibulan ramadhan ini semua orang ingin meningkatkan ibadahnya, tidak terkecuali penderita diabetes, berikut tips bagi diabetesein selama ramadhan:

  1. Jangan memaksakan diri
  2. Siasati pola makan yang baik.

    Selama berpuasa, terjadi perubahan pola makan dari 3 kali makan utama menjadi 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka, akan tetapi kebutuhan kalorinya sama dengan saat tidak berpuasa. Untuk itu porsi makan sebaiknya diubah menjadi 5 porsi, yaitu 2 porsi saat sahur dan 3 porsi saat berbuka. Perhatikan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks saat sahur, serta kombinasi karbohidrat sederhana saat awal berbuka yang dilanjutkan dengan karbohidrat kompleks.

  1. Berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk mengatur dosis dan waktu konsumsi obat.

    Apabila Anda hanya mengonsumsi satu macam OHO, maka dapat diminum saat berbuka.
    Apabila Anda mengonsumsi lebih dari satu macam OHO, maka waktu konsumsi harus disesuaikan dengan jenis obatnya, yaitu agar OHO yang berpotensi tinggi menyebabkan hipoglikemia sebaiknya dikonsumsi saat berbuka, sedangkan obat lainnya saat sahur.
    Untuk diabetesian yang memerlukan insulin dosis tunggal untuk mengendalikan kadar gula darahnya, maka insulin disuntikkan setelah berbuka dengan dosis yang telah diturunkan sebanyak 10%.

  1. Cegah dehidrasi

    Dehidrasi mudah terjadi saat kadar gula darah sedang tinggi sehingga dianjurkan untuk tidak minum terlalu banyak sekaligus saat sahur. Lebih baik minum secara bertahap setelah berbuka.

  1. Kenalilah tanda-tanda komplikasi

    Hipoglikemia dapat terjadi saat berpuasa terutama pada sore hari menjelang berbuka. Begitu pula dengan hiperglikemia. Kenali tanda-tanda yang ada dan segeralah berbuka dengan mengonsumsi air gula yang dilanjutkan dengan makan. Anda juga dapat melakukan olahraga setelah sholat tarawih untuk menghindari hipoglikemia

    0 Komentar

    Belum ada komentar