Sukses

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan indera penglihatan manusia yang sangat berharga. Kesehatan mata seringkali terabaikan, padahal mata adalah jendela dunia yang memungkinkan manusia melihat berbagai hal dalam kehidupan

Mata merupakan indera penglihatan manusia yang sangat berharga. Kesehatan mata seringkali terabaikan, padahal mata adalah jendela dunia yang memungkinkan manusia melihat berbagai hal dalam kehidupan. Tanpa disadari penyakit bisa datang pada siapa saja. Beberapa penyakit bisa datang tanpa keluhan, hingga menyebabkan dampak yang luar biasa bagi penderitanya.

Pemeriksaan mata oleh dokter spesialis mata dengan teratur adalah jalan terbaik untuk mendeteksi adanya gangguan pada mata secara dini. Beberapa penyakit pada mata tanpa pemeriksaan dini dapat mengakibatkan dampak yang fatal bahkan kematian, seperti glaukoma dan katarak.

Oleh karena itu tak ada salahnya selalu menjaga kesehatan mata. Baik melalui konsumsi makanan yang mengandung vitamin A maupun senantiasa melakukan hal-hal yang dapat mencegah dari gangguan kesehatan mata.

Menjaga kesehatan mata secara umum dapat dilakukan dengan cara :

  1. Sering membersihkan kotoran mata dengan tisu, dan bukan dengan tangan atau saputangan.
  2. Bilamana anda mamakai kosmetik yakinkan  bahwa anda tidak alergi karenanya.
  3. Sering-sering cuci muka, minimal 3 kali sehari terutama bila sering bepergian atau kena debu.
  4. Kalau keluar rumah dengan resiko terkena sinar matari, angin, asap, usahakan memakai kacamata pelindung, helm teropong maupun topi.
  5. Kalau terjadi iritasi pada mata boleh memakai obat mata yang dijual bebas tapi jangan membeli obat sembarangan, sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan kebutaan.

    0 Komentar

    Belum ada komentar