Sukses

Tidur Pulas Itu Sehat

Menikmati tidur pulasitu sehat, dan tentunya segar setelah bangun sangat diperlukan untuk kesehatan dan stamina tubuh. Karena salah satu kebutuhan manusia yang paling...

KlikDokter.com – Menikmati tidur pulas itu sehat, dan tentunya segar setelah bangun sangat diperlukan untuk kesehatan dan stamina tubuh. Karena salah satu kebutuhan manusia yang paling penting adalah mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur yang cukup setelah melakukan aktivitas seharian. Tidur sangatlah penting untuk kesehatan. Karena dengan tidur kita bisa memulihkan kondisi agar esok hari bisa kembali fit dan segar. Selama tidur, tubuh juga meremajakan kulit. Bersyukur orang-orang yang memiliki jam tidur normal dan pulas.

Banyak orang yang mengalami gangguan tidur atau susah tidur. Bahkan, banyak yang memiliki pola tidur buruk sampai menderita insomnia. Kurang tidur akan membuat seseorang lelah, kulit tampak kusam, lingkaran hitam dibawah mata, mata sembab dan menimbulkan tanda-tanda penuan dini pada kulit.

Agar tidur pulas dan sehat, ada beberapa tips yang dapat kita lakukan, diantaranya;

  • Gelapkan ruang tidur. Pastikan ruang kamar tidur ada gelap sebelum tidur. Karena faktor lampu menyala saat tidur juga akan mengganggu. Sinar yang dihasilkan oleh lampu membuat kulit dan mata tetep terjaga.
  • Biasakan tidur dan bangun secara teratur. Tidak teraturnya jadwal tidur ini yang membuat dan mempengaruhi kualitas tidur. Ritme tidur yang tidak teratur akan membuat gejala susah tidur semakin terbuka. Sekarang biasakan tidur tepat waktu dan bangun tepat waktu agar pola tidur seimbang.
  • Hindari makan terlalu malam. Cobalah untuk makan malam jauh dari jam tidur ada. Misalnya, waktu tidur anda jam 10, usahakan makan jangan lewat pukul 7. Hal ini dilakukan agar, ada proses penyerapan dari makanan yang anda makan, dan tubuh bekerja dengan maksimal dan pada saat tidur, tubuh yang bekerja saat mencerna makanan tadi sudah siap beristirahat.
  • Mandi air panas. Kegiatan mandi air panas sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi lebih santai dari ketegangan setelah beraktivitas.
  • Hindari minum kopi atau konsumsi kafein 9 jam sebelum tidur. Kafein terkandung dalam teh, kopi dan coklat. Kafein berfungsi untuk merangsang sistem kekebalan tubuh anda untuk selalu terjaga. Tidak heran setelah mengkonsumsi kafein, tubuh menjadi tidak bisa tidur. Hindarilah minuman berkafein sebelum tidur.
  • Minum Susu Sebelum Tidur. Kandungan yang terdapat di dalam susu seperti asam amino, salah satu pembentuk protein yang banyak. Asam amino ini akan merangsang tubuh memproduksi ‘serotonin’. Nah, serotonin ini berfungsi untuk menimbulkan rasa tenang dan rileks pada tubuh, sehingga rasa kantuk dapat segera muncul. Serta asam amino juga dapat memicu hormon melatonin yang mengatur jadwal istirahat tubuh anda secara otomatis.
  • Rasakan tubuh anda. Rasakan tubuh anda seperti latihan yoga akan mempercepat waktu tidur anda. Hal ini terjadi karena saat anda merasakan tubuh yang sudah siap tidur, hal ini akan mengatakan kepada pikiran anda secara otomatis, perlahan anda pasti tertidur.[](SN)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar