Tulang

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

Klikdokter, 13 Jul 2011

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Menabung kalsium untuk kesehatan tulang sangatlah penting untuk masa depan nanti. Asupan kalsium mempengaruhi pencapaian massa tulang puncak dan juga zat ini mampu dengan baik...

Menabung Kalsium Untuk Kesehatan Tulang

KlikDokter.com – Menabung kalsium untuk kesehatan tulang sangatlah penting untuk masa depan nanti. Asupan kalsium mempengaruhi pencapaian massa tulang puncak dan juga zat ini mampu dengan baik mempertahankan kerangka tulang sepanjang hidup. Kalsium adalah zat gizi yang penting, yang melibatkan sangat banyak proses metabolisis dan memberikan kekuatan mekanis pada tulang.

Sebanyak 90 persen beban tubuh menempel dan disanggah oleh tulang. Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Tulang yang menjadi pilar utama tubuh juga berfungsi melindungi jantung, paru-paru, otak dan organ lainnya dari luka akibat benturan.

Apalagi ada fakta yang menyebutkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan tulang hanya terjadi sampai usaia 20 tahun, sedangkan mulai usia 30 tahun proses pertumbuhan tulang akan menurun, kalah dengan proses perusakannya. Fakta inilah yang sering ditekankan oleh para ahli medis kesehatan tulang agar kita serius menjaga kesehatan tulang, salah satunya dengan cara menabung kalsium sejak dini.

Tulang merupakan jaringan yang hidup sangat dinamis dan akan selalu mengalami proses perusakan serta pembentukan kembali. Berkurangnya pembentukan massa tulang juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik dan jarangnya olahraga teratur. Olahraga yang tepat bagi kekuatan tulang adalah yang membebani tulang, misalnya berjalan, berdansa, melompat, naik tangga, dan fitness. Orang yang banyak bergerak maupun olahraga secara teratur akan memiliki tulang yang lebih kuat dibanding sebaliknya.

Sekarang ini banyak jenis makanan yang ada di pasar-pasar yang mengandung kalsium, ada beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk menabung kalsium sejak dini, diantaranya;

  1. Keju. Memakan keju 40gr per hari dapat menabung kalsium untuk masa tua nanti, karena kandungan kalsium di dalam keju sangat banyak dan baik dikonsumsi.

  • Suplemen kalsium. Mengkonsumsi suplemen kalsium 500mg per hari dapat mempermudah penyerapan. Beberapa penelitian mengungkapkan tentang suplemen kalsium pada anak-anak dan remaja, dengan waktu 1-3 tahun. Hasilnya, peningkatan asupan kalsium dapat dihubungkan dengan peningkatan massa tulang sekitar 1-5 persen.

  • Susu. Sumber kalsium yang paling banyak itu juga ada disusu, mengkonsumsi susu secara nyata memacu perbaikan mineral pada tulang. Konsumsi susu dua gelas sehari dengan kadar lemak rendah mampu meningkatkan kepadatan dan massa tulang.

  • Ikan sarden atau ikan jenis lain yang tulangnya bisa dimakan dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang.

  • Sayuran berdaun hijau gelap, seperti bayam, pak choy, kangkung juga tinggi akan kalsium.

  • Tulang juga harus memperoleh nutrisi agar berfungsi dengan baik. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan adalah kalsium, yaitu mineral yang membentuk tulang. Namun, pertumbuhan tukang hanya sampai umur 35 tahun, setelah itu tabungan kalsium akan diambil oleh tubuh. Di saat inilah, dibutuhkan lebih banyak kalsium untuk menghindari keropos tulang akibat berkurangnya kalsium pembentuk tulang.

    Tidak perlu khawatir jika kelebihan kalsium. Diusia produktif, kelebihan kalsium inilah yang akan disimpan atau ditabung di dalam tulang. Setelah lewat usia 35 tahun, kalsium yang tidak lagi bisa disimpan di dalam tulang akan dibuang lewat air seni. Ini juga yang mendorong kita untuk menabung kalsium di usia produktif agar kalsium tidak dibuang, tapi disimpan dalam tulang supaya di masa senja tulang tetap kuat.[](SN)

    Konsultasi Dokter Terkait