Darah

Dora Idap Von Willebrand

Tim Redaksi KlikDokter, 13 Jun 2011

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Kondisi Dora Indriyati Trimurni (25), pasien pengidap penyakit keringat darah yang keluar dari pori-pori di kepalanya asal Padang...

Dora Idap Von Willebrand

Jakarta, klikdokter.com -- Kondisi Dora Indriyati Trimurni (25), pasien pengidap penyakit keringat darah yang keluar dari pori-pori di kepalanya asal Padang, Sumatera Barat, yang sedang menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Cipto Magunkusumo (RSCM) sejak Rabu (8/6/2011) dalam keadaan baik.

Tim dokter RSCM baru memeriksa fungsi trombosit dengan melakukan empat macam tes, diantaranya, pemeriksaan ADP (agregasi trombosit), epinefrin, kolagen, dan ristocetin. Hasilnya pun diketahui bahwa terdapat kelainan pada salah satu fungsi trombosit tersebut, yakni pada ristocetin.

Hasil diagnosa sementara tim dokter RSCM menunjukkan, Dora mengalami penyakit kelainan darah Von Willebrand. (VWD) atau adanya kelainan perdarahan yang sudah dialaminya sejak dua tahun terakhir.

Penyakit Von Willebrand adalah salah satu jenis kelainan perdarahan yang banyak diderita orang. Faktanya, ia bukan penyakit tunggal, tetapi penyakit keluarga.

Penyakit Von Willebrand