Sukses

Teliti Tiga Jenis Ulat Bulu

Pergantian cuaca yang ekstrem adalah salah satu faktor pendukung populasi ulat bulu melonjak tajam terjadi. Deputi Kepala Bidang Teknologi

Klikdokter.com. Pergantian cuaca yang ekstrem adalah salah satu faktor pendukung populasi ulat bulu melonjak tajam terjadi. Deputi Kepala Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi BPPT Listyani Wijayanti mengatakan bahwa "Secara umum pergantian cuaca itu memang bisa memicu ulat-ulat itu untuk bisa keluar dari tempatnya. Ini menyerang tanaman mangga dan sudah luar biasa.”

Namun jika diteliti lebih lanjut ternyata ada 3 spesies ulat bulu yang menyebar dan mengakibatkan wabah yang cukup serius di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sudah menerima sampel ulat bulu dari Jember dan Yogyakarta. Ada tiga spesies yang diterima oleh LIPI yaitu Lymantria marginalis, Arctonis species (belum tahu genusnya), dan Cyana veronata.

''Spesies ulat bulu sementara ada tiga jenis yang kami terima,'' tutur Peneliti Serangga LIPI, Rosichon Ubaidillah. Salah satu spesies yang diterima belum diketahui genusnya karena harus melalui serangkaian pembedahan. Namun dapat dipastikan ancaman bahaya kesehatan yang ada berada ditahap sekunder.

Paparan ancaman yang diberikan ulat bulu sebatas gatal-gatal atau inflamasi ringan. Untuk pertolongan pertama jika terkena reaksi inflamasi ringan akibat ulat bulu, ikutilah beberapa tahap pertolongan pertama berikut ini:

  • Bersihkanlah permukaan kulit yang terpapar ulat bulu dari segala bentuk debris (bulu dari ulat bulu, ulat bulu, dll.) dengan bilasan air bersih yang mengalir.
  • Berikan lotion yang mengandung kalamin untuk memberikan reaksi mendingingkan permukaan kulit guna meringankan gejala gatal-gatal.
  • Tenangkan penderita, reaksi berlebihan (cemas, stress) hanya akan membuat reaksi kian parah.

Jika penderita menunjukkan reaksi alergi lebih kuat, (kesulitan bernapas, terdapat bengkak dalam ukuran lebih dari kewajaran) bawa segera ke rumah sakit untuk pertolongan medis.[AG]

    0 Komentar

    Belum ada komentar