Sukses

Agar Tetap Nyaman Meski Hamil

Kehamilan merupakan sebuah berkat tak ternilai dalam suatu keluarga. Namun dalam proses kehamilan tersebut, terkadang Ibu harus merasakan ketidaknyamanan yang seringkali tidak ringan

Kehamilan merupakan sebuah berkat tak ternilai dalam suatu keluarga.  Namun dalam proses kehamilan tersebut, terkadang Ibu harus merasakan ketidaknyamanan yang seringkali tidak ringan. Salah satu ketidaknyamanan yang cukup populer di kalangan Ibu hamil adalah morning sickness, heart burn dan konstipasi.

Pada awal kehamilan, terutama 3 bulan pertama kehamilan, banyak Ibu hamil mengeluhkan rasa mual dan muntah pada pagi hari. Untuk mengatasi hal tersebut, Ibu dapat melakukan beberapa hal yang dapat meringankan keluhan ini, yaitu:

  1. Mengonsumsi sarapan biskuit, roti panggang atau sereal tanpa susu.
  2. Mempraktekkan pola makan yang sering namun dengan porsi sedikit.
  3. Menghindari makanan yang beraroma kuat.
  4. Membatasi konsumsi makanan pedas, terlalu berlemak dan digoreng.
  5. Minum cairan segar di antara konsumsi makanan.
  6. Mengudap makanan ringan sebelum tidur.
  7. Tidur di ruangan dengan ventilasi yang baik.

Ketika kehamilan semakin bertambah besar, Ibu juga kerapkali mengalami keluhan pada saluran pencernaannya. Karena desakan janin yang semakin membesar, seringkali Ibu merasakan keluhan rasa seperti terbakar di sekitar daerah perut dan dada. Hal ini diakibatkan karena asam lambung yang terdorong naik ke atas karena desakan janin yang semakin membesar. Untuk mengatasi hal tersebut, Ibu dapat melakukan beberapa tips berikut:

  1. Makan makanan yang rendah lemak, porsinya sedikit namun sering.
  2. Makanlah makanan dengan perlahan dan kunyahlah makanan dengan baik.
  3. Hindari makanan yang dapat mengiritasi lambung seperti: kafein, peppermint, buah-buahan keluarga sitrus, makanan yang pedas.
  4. Hindari berbaring setelah makan.
  5. Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman.

Konstipasi atau kesulitan buang air besar dapat terjadi mulai dari awal kehamilan hingga akhir kehamilan. Agar konstipasi pada Ibu hamil tidak semakin memburuk, maka sebaiknya Ibu:

  1. Melakukan latihan atau olah raga ringan setiap hari.
  2. Minum cairan dalam jumlah banyak.
  3. Makan makanan tinggi serat.

Bila konstipasi telah sangat mengganggu maka sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pencahar dalam pengawasan dokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar