Sukses

5 Fakta Penting Mengenai Air

Air sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Hampir semua sel memerlukan air agar bisa berfungsi dengan benar dan pada dasarnya, semua proses metabolisme memerlukan air. Sekitar 55-75% tubuh manusia tersusun dari air. Selain itu, tubuh kehilangan sekitar

Sumber : mediaindonesia.com

AIR sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Hampir semua sel memerlukan air agar bisa berfungsi dengan benar dan pada dasarnya, semua proses metabolisme memerlukan air. Sekitar 55-75% tubuh manusia tersusun dari air. Selain itu, tubuh kehilangan sekitar 8 gelas air sehari melalui keringat, proses pernapasan dan buang air. Karena itu, untuk menjaga agar tubuh tetap berfungsi dengan benar, pastikan Anda tetap mengisi kembali air yang hilang. Alasan tersebut masih kurang kuat untuk membuat Anda menambah konsumsi air? Berikut 5 alasan lain yang tentunya akan membuat Anda lebih semangat untuk minum 8 gelas sehari.

1. Memperbaiki performa mental

Jika Anda tidak bisa mengingat apa yang tertulis di awal artikel ini, berarti otak Anda kekurangan cairan. Sekitar 80% jaringan otak terbuat dari air. Karena itu, sangat penting untuk menjaga agar otak tidak kekurangan air. Percobaan klinis telah menunjukkan, dehidrasi bisa menurunkan performa ingatan/memori jangka pendek serta mengganggu konsentrasi.

Prinsipnya sebenarnya sangat sederhana, dengan menarik komponen utama maka pastinya otak akan mengalami gangguan fungsi. Sama seperti mengemudikan mobil tanpa minyak.

Di dalam otak, air akan mengencerkan cairan yang membawa protein dan enzim-enzim, dan membantu mengirimkan nutrisi-nutrisi ini ke tujuan mereka masing-masing. Saat tubuh kekurangan air, gerakan cairan pembawa protein dan enzim tersebut juga akan melambat. Karena itu, performa mental Anda juga akan terpengaruh secara langsung. Selain itu, air membersihkan otak dari radikal-radikal bebas yang bisa merusak susuan sel yang akhirnya justru memicu operasi yang bersifat menghancurkan.

2. Mencegah gangguan kritis

Radang sendi, kanker dan penyakit jantung merupakan penyakit serius yang menyerang jutaan orang di seluruh belahan dunia. Akan tetapi, Anda tetap bisa menghindari penyakit tersebut dengan minum air. Kuncinya adalah komponen tulang rawan, berupa material berongga yang berfungsi sebagai bantalan dimana tulang bertemu, dan cairan synovial, cairan di sekitar persendian yang berfungsi sebagai pelumas dan bekerja sebagai alat penahan goncangan. Saat persediaan air cukup, maka gesekan yang terjadi di sekitar persendian juga lebih sedikit. Karena itu, radang sendi juga lebih sedikit.

Selain itu, saat sistem tubuh mempunyai banyak air, meskipun harus berulang-ulang ke kamar kecil, tubuh akan dibersihkan dari racun. Dengan mengurangi waktu kontak antara racun-racun ini dengan colon dan kandung kemih Anda, maka angka kejadian kanker juga bisa dikurangi.

Tidak hanya membantu mengeluarkan racun dari sistem tubuh, tetapi air juga membersihkan tubuh dari kelebihan garam. Beberapa studi telah mengaitkan kadar garam tinggi dengan tekanan darah tinggi, dan hipertensi selanjutnya dikaitkan dengan berbagai masalah jantung.

3. Air membantu Anda menurunkan berat badan

Anda lapar sebelum waktu makan? Cobalah mengisi perut Anda dengan H2O. Minuman ini tidak mengandung kalori atau lemak, serta terbukti efektif menekan selera makan. Yang lebih penting lagi, air bisa mempercepat proses metabolisme. Mengingat semua proses dalam tubuh memerlukan air, jadi tidak heran kalau metabolisme juga akan melambat jika kekurangan air. Semakin cepat metabolisme, maka akan semakin banyak kalori yang dibakar.

Studi-studi telah menunjukkan, setelah mencerna 2 cangkir air, maka perlu waktu 10-40 menit untuk memulai kembali proses metabolisme. Akan tetapi, sekali dimulai, proses pembakaran kalori akan berlangsung 30% lebih cepat. Satu studi lain, seperti dikutip situs askmen, memperkirakan bahwa meningkatkan jumlah konsumsi air hingga 6 gelas sehari bisa menurunkan berat badan sebanyak 5.3 pon lemak dalam waktu satu tahun.

4. Mencegah gigi berlubang

Minum air putih juga bisa membantu Anda mempertahankan senyum indah Anda dengan biaya minimal. Jika isi perut Anda tetap teraliri air, maka akan membantu produksi beberapa cairan penting tubuh termasuk air liur (saliva), yang berfungsi mencegah gigi berlubang.

Pembusukan gigi berasal dari pembentukan asam, yang akan mengikis lapisan email gigi. Tapi, air liur bisa menetralkan asam ini. Selain itu, saliva juga mengandung mineral-mineral tertentu yang bisa membantu proses perbaikan gigi. jadi, sepanjang tubuh Anda tidak kekurangan cairan, dan tentunya Anda tidak terlalu banyak mengunyah permen, saliva Anda cukup untuk memenangkan pertarungan melawan asam dan menjaga agar gigi tetap terlindungi.

5. Minum terlalu banyak picu dehidrasi

Sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air harian Anda. Tetapi, tidak perlu minum dengan jumlah berlebih. Anda cukup mengembalikan jumlah cairan yang Anda buang. Rata-rata orang pada umumnya kehilangan 2-3 gelas air melalui proses pernapasan normal dan satu gelas lagi melalui keringat. Buang air dan latihan fisik biasanya mengeluarkan air sebanyak 4 gelas. Maka tubuh memerlukan 8 gelas sehari. Fokuslah menggantikan air yang sudah Anda gunakan.

Minum berlebih terjadi jika Anda minum lebih banyak daripada yang Anda keluarkan. Jika hal ini terjadi, kadar sodium dalam tubuh menjadi tidak seimbang, sehingga bisa memicu masalah pencernaan bahkan bisa membuat Anda tidak sadarkan diri. Tapi tidak perlu panik, orang dewasa sehat hanya akan mengalami kelebihan cairan jika minum 2 galon air per hari secara teratur.

    0 Komentar

    Belum ada komentar